-->

Harpy Eagle burung segede beruang


kamulupa

Namanya Harpy Eagle (Harpia harpyja) atau disebut juga American Harpy EagleMeski dia burung, tapi badannya penuh otot kekar dan besar-tegap seperti beruang.

 

Cakarnya (talons) bahkan lebih besar dan lebih panjang sedikit dibanding cakar beruang Grizzly.

 

Tapi jangan khawatir guys. Elang menakjubkan terbesar dan terkuat sejagad ini tidak menyerang manusia secara acak kok seperti monster mitos Harpy, misalnya seperti dalam video game The Witcher 3Well, kecuali kamu memanjat tebing dan mendekati sarangnya di alam liar (apalagi yang ada telurnya atau anak-anaknya) ya siap-siap dipatuk atau dicakar atau mungkin didorong jatuh ke bawah olehnya, ouch.


Habit asli mereka ada di hutan Kanopi Amerika Utara dan Selatan. Termasuk hewan berstatus konservasi Near Threatened (NT) "agak terancam punah" karena deforestasi dan illegal loggingPlease guys, tolong jaga kelestarian alam liar dimana pun kalian berada ya! Hal sesederhana seperti tidak membuang sampah sembarangan akan sangat membantu!


FUN FACTS :

  1. Bentangan sayap elang Harpy bisa mencapai 2,3 m.
  2. Mereka diam-diam mengendap terbang di angkasa (tanpa membuat banyak bunyi) sebelum menukik dan menyambar cepat mangsanya dalam kecepatan tinggi.
  3. Meskipun namanya "American" tapi Harpy Eagles adalah hewan simbol nasional negara Panama.
  4. Di alam liar, mereka biasanya bersarang di ketinggian 900–2000 m dpl.
  5. Mereka adalah apex predators a.k.a. tidak ada pemburu alami di atasnya.
  6. Mangsanya biasanya monyet/kera, sloth, ular, capybara, hingga rusa seberat 30 kg, dll. Tapi mereka cenderung menghindari memangsa kera/monyet yang terlalu kecil (noble yah?). Oh ya, mereka juga mengincar hewan ternak manusia seperti kambing/domba, ayam, dll.
  7. Mereka berburu (makan) biasanya dua kali seminggu saja. Makanan yang masuk baru dicerna sempurna dalam 3 hari.
  8. Mereka adalah hewan monogami, artinya mereka kawin dengan 1 pasangan saja seumur hidupnya (uhhh so sweet).
  9. Telurnya menetas sekitar 56 hari, Bayinya baru bisa berjalan dan berdiri sekitar 36 hari, dan baru dewasa dalam 4–6 tahun.
  10. Kecepatan maksimalnya saat menukik mencapai 48 mph (77,2 km)!


LihatTutupKomentar