-->

Baca ini, Rahasia Mindset pembisnis Online

kamulupa

Ketika kita membicarakan Bisnis Online, biasanya orang langsung berfikir permasalahan yang kurang lebih seperti :

  1. Bingung mau Jualan Apa? 
  2. Bingung nyari produk yang gampang dan cepat laku? 
  3. Tidak punya modal? 
  4. Tidak tahu cara bersaing dengan competitor? 
  5. Tidak tahu cara agar closing lebih banyak? dan sebagainya

Nah, sebelum kita bahas, mari kita kosongkan dulu gelas kita. Maksudnya kita sedikit mengosongkan otak dan pikiran kita untuk menerima ilmu dan materi baru. Karena kalau gelas kita penuh, maka akan luber. Ilmu yang kita terima tidak akan tercerna dengan maksimal.


1. Minset Bisnis

Banyak orang yang bermimpi untuk menjadi orang sukses. Terutama sukses dalam bisnis online. Namun kadang kala mereka gagal dalam mencapai impian mereka. Hal tersebut biasanya karena mindset dan cara pandang yang salah dalam menjalani bisnis online yang mereka jalani.

Mindset merupakan cara pandang dalam menyikapi segala sesuatu. Ini merupakan pondasi awal dari segala aspek kehidupan termasuk dalam berbisnis online. Dalam hal ini, kita perlu berlatih dan terus belajar karena mindset bisnis tidak bisa instant begitu saja. Hal yang paling penting dan harus kita terapkan dalam mindset yaitu Fokus. Mungkin dari kecil kita sudah mengenal kata ini. ya, focus merupakan kunci dari suksesnya sesuatu yang kita jalani.


2. Take Action

Pada saat itu juga, Fokus harus dibarengi dengan Take Action agar impian dan tujuan kita langsung bisa kita jalani. Kita takan pernah tau proses dan kekurangan jika kita tidak terjun langsung kedalamnya. Nah, agar kita menikmati semua proses itu, kita harus menemukan terlebih dahulu passion. Banyak orang yang tidak biasa menghadapi rasa takut dalam melangkah, sehingga Akhirnya mereka menunda-nunda dan diam. Akhirnya tak melakukan apa-apa.


Ketika anda telah memiliki passion, maka anda akan senang dalam menekuni bidang yang anda jalani. Passion ibarat penyemangat atau bahan bakar yang memotivasi anda setiap saat. Jadi sebelum memulai bisnis online, ubah dulu mindset bisnis anda.

Ketika pemula yang baru terjun ke dunia bisnis online, biasanya dalam benak pikiranya tersirat :

- Saya tidak punya modal
- Saya orang miskin 
- Saya gaptek 
- Saya tidak punya teman 
- Saya mah orang gagal 
- Blablabla 

Jika masih begitu, berarti mindset anda masih keliru. Perlu anda ketahui, orang sukses seperti Jack Ma (Pendiri Alibaba) pun awalnya seperti itu. Tidak mengetahui apa-apa. Namun, karena beliau punya keinginan dan kemauan untuk belajar secara ulet dan tekun, maka akhirnya beliau menjadi salah satu orang terkaya di dunia.


Jadi apa kuncinya? "Ya Kemauan". Setelah anda membangun pondasi yang kuat, maka saatnya untuk take action. Nah, dalam memulai bisnis online, anda hanya perlu mempersiapkan beberapa hal berikut :

1. Produk

Sebelum kita mulai jualan, kita harus tentukan dulu produk yang ingin kita jual. Kita harus mengetahui terlebih dahulu detail produk, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk tersebut. Hal ini sangat penting karena jika kita tidak mengetahui produk yang kita jual, kita mau jualan gimana?


2. Target Pasar

Setelah kita menemukan produk yang ingin dijual, kita tentukan target pasarnya. Kita harus mengetahui produk kita itu untuk siapa? Siapa yang membutuhkanya? Apakah seorang mahasiswa? Ibu rumah Tangga? PNS? Dan sebagainya.

Kita bisa Analisa rentang usia target, gender, habit, minat, pekerjaan. Wilayah dan sebagainya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam menjualnya.


3. Channel Marketing

Kemudian, kita harus menentukan channel jualan. Apakah mau menjual di sosial media seperti facebook atau Instagram? Mau menjual di WhatsApp? dan Apakah mau jualan secara organik (gratisan) atau secara berbayar menggunakan iklan?

Tentu kita harus mendalami ilmu sosmed marketing terlebih dahulu. Jika sudah menentukan channel marketing, kita bisa mulai untuk belajar sedikit demi sedikit berjualan menggunakan channel yang kita inginkan. (baca juga 5 tips cara jualan di sosmed)


4. Bahan Promosi

Untuk berjualan online, kita perlu yang Namanya konten. Entah itu copywriting (kata-kata teks), gambar, video dan sebagainya untuk menarik pembeli.

Hal ini sangat penting karena kita itu berjualan online, yaitu tanpa tatap muka. Jadi konten (teks, gambar atau video) inilah yang  akan mewakili produk yang kita jual. Nah, jadi siapkan konten (teks, gambar atau video) promosinya ya.


5. Mulai Jualan

Ketika semua sudah siap, kita bisa memulai jualan. Kita bisa mulai untuk berpromosi, mengumpulkan leads, blast, dan follow up dengan bantuan admin atau kita sendiri.


6. Closing

Tahap akhir yaitu closing. 

(baca juga : teknik chatting untuk meningkatkan prospek clossing)


Itulah beberapa hal yang perlu anda pelajari. Mari kita ubah mindset kita agar jualan online yang kita jalani berhasil.


LihatTutupKomentar