-->

Bisnis yang nggak meninggalkan rumah tapi menghasilkan banyak uang

kamulupa

Pekerjaan saya utamanya saat ini adalah blogger. Ini salah satu profesi yang masih dianggap sebelah mata oleh banyak masyarakat awam, padahal hasilnya lumayan.

Saya kelola beberapa blog, dengan beragam jenis sumber penghasilan. Salah satunya dari adsense.

Dari adsense, total 1,5 tahunan di akun ini dapat Rp 750 jutaan. Ada juga di akun lain dapatnya sekitar segini.

Saya pikir jumlah ini inner circle blogger saya termasuknya dikelas menengah saja kayaknya. Banyak rekan blogger indo yang earning perbulan di atas 100–200 juta (nett).

Selain adsense, ada juga blog saya yang fokus ke affiliate (berbasis komisi penjualan) dengan pendapatan antara 500 ribu - 20 jutaan/bulan. Beda-beda setiap blog.


Bagaimana caranya belajar ngeblog?

Anda harus menguasai terlebih dulu hal-hal dasar seputar blogging dan SEO. Ngga harus selalu ikutan kursus berbayar. Bisa mulai dari berbagai sumber gratis saja.

Saya mulai tanpa modal kursus berbayar. Materi gratis aja di google. Baru setelah ada cukup earning, saya ikut beberapa kursus yang lebih advance (kursus blog dari luar).

Ini yang saya lakukan saat dulu belajar blog :

  • Silahkan search di google dan youtube. Mulai search dengan kata kunci semacam apa itu seo, belajar seo gratis, kursus seo gratis, belajar ngeblog, riset keyword/kata kunci, cara membuat website dengan wordpress, cara mendapatkan uang dari blog, cara menulis artikel yang bagus, dan lain sebagainya. Pelajari semuanya. Jika ada yang ngga ngerti, googling lagi. Terus saja seperti itu.
  • Keluarkan modal untuk beli domain dan hosting, biar lebih serius dalam prakteknya. Anda bisa beli domain .com dan hosting indonesia yang murah saja. Kira-kira 250–300 ribu/tahun sudah dapat kok.
  • Praktek. jangan malas. jangan baru sebentar udah ngeluh dan berhenti. jangan terus-terusan nyari jalan pintas. fokus, istiqomah.


Catatan :

jika anda bisa bahasa inggris pasif (baca), akan lebih terbantu lagi. Banyak sekali materi seputar blog, seo, cara mendapatkan uang online, optimasi, dll di blog luar yang jauh lebih berkualitas di banding tulisan di blog indonesia.



Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog kita?

Banyak cara. Tapi secara umum anda bisa mendapatkan uang dari blog dengan cara ini:

  • Display ads. Contohnya seperti adsense, mgid, dan sejenisnya. Anda dibayar untuk setiap 1000 tayangan iklan, dan setiap iklan yang di klik visitor.
  • Affiliate. Anda mendapatkan komisi sekian persen dari produk fisik, digital, atau jasa yang anda promosikan di blog, dan dibeli visitor.
  • Iklan mandiri. Blog anda mendapatkan iklan langsung dari vendor/perusahaan.
  • Guest post. Jika blog anda menerima titipan tulisan dari pihak lain, anda bisa mematok bayaran juga.
  • CPA. Mirip dengan affiliate, tapi tidak harus selalu berupa penjualan barang/jasa. Bisa berupa action tertentu (misal isi biodata dan email).
  • Jualan online. Anda menjual barang ataupun jasa di blog.
  • Konsultan. Jika anda punya keahlian tertentu, dan membuat blog seputar keahlian tersebut, bisa buka jasa konsultan tertentu. Ini salah satu yang saya lakukan. Fee saya antara 1,5 Juta - 5 Juta untuk 30 menit konsultasi via skype/sarana lain.
  • Dll


Bingung mau mulai dari mana?

Saran saya sih baca-baca aja terlebih dulu. Kuasai materinya, konsep dalam ngeblog, dll. Fahami terlebih dulu. Setelah itu baru mulai dengan praktek, dibarengi konsistensi tentunya.

Mulai dengan imitasi blog lain aja dulu. Lihat blog-blog yang bertengger di halaman pertama google, lalu ikuti topik/keyword apa yang mereka tulis. Bikin versi yang lebih bagus dan lengkap. Nanti seiring waktu bakal lebih ngerti kok.


Catatan :

Mendapatkan uang dari ngeblog bukan cara cepat kaya mendadak. Sama aja seperti bidang profesi lain, butuh waktu dan proses untuk mendapatkan hasil yang lumayan.


LihatTutupKomentar