-->

Skill dasar yang harus kamu miliki setelah lulus kuliah

kamulupa


Buat kalian remaja-remaja yang sedang penuh dengan ambisi dalam pencarian jati diri. Menuju dewasa biasakan kalian memiliki beberapa skill dasar ini, guna menunjang kehidupan kalian sehari-hari suatu saat nanti. Baik kalian merantau atau paling jauh adalah menikah.

Terutama buat yang pria, jangan sampai skill dasar ini malah lebih dikuasai sama pacar/istri kalian ya. Nanti malah membuat kalian jadi minder dan tidak terlihat begitu macho.

Skill standar yang harus kalian miliki dalam hidup!


1. Masak (masakan sederhana)

Jadi teman-teman, buat kalian yang mulai beranjak dewasa mulailah sedikit-sedikit belajar memasak. Siapa tau kedepannya kalian akan memiliki pengalaman buat naik gunung atau merantau.

Skill memasak simple ini sebenernya berguna untuk menghemat pengeluaran kalian atau bila kalian ada pada situasi banyak restoran/warung yang ngga buka seperti tengah malem atau libur lebaran.

Gue sendiri bisa masak yang simple-simple seperti masak mie, telor, nasi, air, sosis, nugget pokoknya yang ngga ribet disarankan untuk bisa.


2. Bersih-Bersih


Skill yang membuktikan bahwa kalian anak yang sayang sama orang tua ini harus sekali dimiliki anak-anak muda. Baik itu nyapu, ngepel, syukur-syukur kalau bisa nyuci dan setrika.

Skill-skill ini sangat berguna sekali bila kalian pergi merantau, hitung-hitung menghemat biaya laundry dan bersih-bersih menggunakan jasa orang lain. Aplagi kalau kalian sudah menikah, kalian auto di sayang istri! karena bisa bantu istri buat beres-beres rumah.

Kebanyakan anak muda, suka melewatkan skill yang satu ini. Alhasil kosan/kontrakan mereka terlihat seperti kapal pecah dan baunya hmmm mantap sekali hahaha.


3. Berkendara Manual


Semoga teman-teman milenial jaman sekarang masih diajarkan naik sepeda ya sama bapak ibu-nya. Biasanya Generasi Peralihan dari X-Y-Milenial banyak yang orang tua-nya suka melakukan tindakan waspada kepada anaknya untuk tidak mengendarai sepeda atau sepeda motor (agar tidak luka/kecelakaan), tapi langsung mengendarai mobil. Apalagi langsung ditawarkan kendaraan automatic.

Saran gue ya temen-temen, namanya berkendara ada baiknya kalian memahami dan menguasai semua jenis kendaraan baik itu sepeda, motor dan mobil serta dalam kondisi matic atau manual. Namanya berkendara itu membutuhkan indera/sense of riding (kalian pasti paham lah). intinya, bagaimana kalian tetap bijak dalam berkendara.

Manfaat kalian bisa berkendara beragam kendaraan. kalian bisa diandalkan untuk masalah setir menyetir, jadi tidak harus selalu mengandalkan ojek online bila kepepet. Apalagi bila kalian dalam situasi mendesak seperti istri melahirkan malam hari dan harus dibawa ke UGD! semisal kalian tidak bisa nyetir atau hanya mengandalkan Ojek Online (Baik motor/mobil) kan bisa jadi masalah ribet baru.


4. Skill Tukang (sederhana)


Nah, skill tukang  ini juga harus kalian miliki nih menjelang dewasa. Apalagi kalian yang mau merantau, jadi ga bingung atau harus minta tolong orang mulu. Seperti skill naik tangga ganti lampu, skill menggunakan paku dan martil, tau macem-macem solatip, tau jenis lem sama cat/pilok lah kalau bisa temen-temen.

Ya jangan sampai kalian udah ngekos/ngontrak nih, Lampu mati ga dibenerin bertahun-tahun. Atau ga ada paku buat gantungan baju, bajunya disebar di kasur sama lantai doang. Hal-hal kayak gini masbro juga berguna, saat kalian sudah menikah nanti.

Kalian ngga mau kan, ngeliat istri kalian manjat tangga buat benerin lampu cuman karena kalian ngga bisa atau takut.


5. Paham Teknologi


Jaman sekarang, sudah bukan jamannya lagi masbro/mbabro beli barang elektronik seperti laptop dan handphone tapi cuman buat ngeliat sosmed sama main game. Kalian juga harus tau sistem dalam perangkat kalian masing-masing.

Biar apa? biar ga malu punya barang mahal tapi ga tau sistem dan perangkatnya serta ga ketipu dan bisa nego kalau barang kita emang rusak dan harus dibenerin sama abang-abang service elektronik.

Sekarang kan ada Google/Sosmed/Youtube jadi kalau barang elektronik kalian kenapa-napa jangan langsung teriak "AH RUSAK!", mulailah menganalisa dan cari tau penyebabnya dari sumber-sumber yang ada.


Sebenarnya, hal-hal yang saya sebutkan diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya skill yang harus kalian miliki untuk menunjang kehidupan kalian.

Seperti komunikasi, menabung, berinvestasi dan lain-lain. Menurut kalian apalagi nih keterampilan yang harus kita miliki untuk menunjang kehidupan kita sehari-hari?

Oke jika kalian tertarik dengan pembahasan seputar remaja ikuti podcast SEPEREMPATABAD

 


LihatTutupKomentar