-->

Asal usul orang indonesia menambahkan garis tengah ke angka 7 dan huruf Z pada tulisanya?

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, hal tersebut merupakan kebiasaan dari jaman Belanda. Di jaman itu khususnya sekolah-sekolaan untuk prang pribumi diajarkan oleh orang Belanda untuk menulis angka 7 dengan tambahan garis di tengah. 


Kebiasaan tersebut nantinya akan terbawa saat mereka menjadi pegawai 'negeri' atau pegawai di kantor-kantor belanda, terutama yang bekerja di bidang keuangan atau administrasi, sehingga si meneer mengetahui tulisan tersebut merupakan hasil dari pekerjaan para pegawai pribumi, karena kebiasaan mereka menulis angka 7 ditambahkan garis min di tengah. 



Namun Ternyata penulisan 7 atau Z dengan tambahan garis tengah juga diajarkan di kebanyakan sekolahan Eropa, jadi bukan hanya pribumi dan bermuatan politis saja yang menggunakan model penulisan tersebut. 



Banyak teori tentang hal ini, beberapa orang mengatakan kalau garis tengah di angka 7 dibuat untuk membedakan dengan angka 1 yang pada zaman dahulu banyak penulisan angka 1 mirip angka 7, karena sama-sama mempunyai sudut lancip di atas, apalagi kalau tulisan tangan kadang susah untuk dibedakan.

Hal yang serupa juga berlaku untuk membedakan tulisan tangan antara huruf Z dan angka 2 yang juga susah di bedakan jika menggunakan tulisan tangan.
LihatTutupKomentar