-->

Tips Berbiacara di depan kamera

Apakah kamu salah satu dari jutaan orang yang ingin membuat konten youtube dengan bermodal berbicara didepan kamera? Namun kamu tidak memiliki kamera? Atau kamu gagap jika berada di depan kamera? Tenang disini kamulupa akan memberi tips yang sangat membantu kamu untuk memulai membuat video didepan kamera. 


Sebelum mencoba tips ini, alangkah baiknya kamu mengerti permasalahan yang kamu hadapi saat berbiacara di depan kamera, dan mencoba menyelesaikan permasalahan satu persatu. Dan berikut ini merupakan beberapa permasalahan yang sering terjadi : 
  1. Tidak punya kamera
  2. Bingung mau bahas apa 
  3. Grogi/Malu 
  4. Blank 
  5. Hasil Video tidak layak atau lebih jelek dari orang lain. 
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah-masalah tersebut, sehingga kita bisa langsung memulai berkarya. Okey langsung saja kita bahas. 


1. Tidak punya kamera 

Masalah ini merupakan masalah yang paling mendasar dan fatal, ibaratnya kamu ingin menjadi pembalap motor tapi kamu tidak punya motor. Lalu bagaimana cara mengatasi ini? 


Pertama kamu harus menyesuaikan keuangan kamu dan niatan kamu dalam hal ini, apakah kamu merasa hal ini sangat penting dan kamu akan melakukan terus-menerus kedepanya atau kamu hanya coba-coba saja? Jika kamu merasa mantap dengan niatanmu belilah kamera langsung beserta alat-alat tambahaannya. Lalu bagaimana jika keuangan lagi tipis? Kamu bisa pinjam atau gunakan smartphonemu, sekaligus kamu memantapkan niat selagi mengumpulkan uang untuk membeli kamera.


2. Grogi/Malu 


Grogi atau malu merupakan masalah yang paling umum terjadi, masalah ini terjadi karena kamu belum terbiasa dan tidak memilki persiapan yang matang. Untuk memulai kebiasan dan menguasai skill baru kamu harus berlatih. 
  • Gunakan cermin untuk melatih berbicaramu 
  • Rekam saja saat kamu berlatih dan tidak perlu malu atau takut karena video yang kamu rekam hanya ada didalam kameramu dan orang lain tidak akan tahu. 
  • Tonton hasil videomu, lakukan berulang-ulang sehingga kamu terbiasa dan menerima diri-sendiri, 
  • Rekamlah video pertamamu 2 atau 3 kali, begitupun videomu selanjutnya agar kamu terbiasa dengan pembahasan yang kamu sampaikan. 

3. Blank 


Hal ini biasa terjadi disaat kamu grogi/malu, kamu lupa semua hal yang akan kamu ucapkan dan yang telah kamu rencanakan. Karena masalah ini merupakan satu paket dengan point ke-2, kamu hanya perlu latihan sebelum memulai perekaman, penguasaan materi dan hanya perlu terbiasa, 
  • Buatlah catatan dan taruh cacatan tersebut di sebelah kamera atau arah kamu melihat. 
  • Tidak perlu takut salah, jika terjadi kesalahan, ulangi penyampaian ke kalimat sebelumnya dan kamu bisa memotong kesalahannya saat pengeditan videomu. 

4. Bingung mau bahas apa

Sudah siap kamera dan mental tapi bingung mau bahas apa? tidak punya hobi atau passion biasanya yang menjadikan kita bingung dalam menentukan pembahasan,


Jika kamu memilki hobi, passion atau pekerjaan, kamu bisa memulai pembahasan tersebut, karena seharunya kamu menguasai bidang tersebut, carilah hal menarik dan yang sering orang pertanyakan pada passionmu. Terlebih lagi kamu bisa mengaitkan dengan kejadian yang sedang viral hari ini, hal itu akan membuat videomu akan lebih banyak di tonton. 


5. Hasil video tidak layak atau lebih jelek dari orang lain 


Hal ini merupakan hal yang wajar, karena disaat yang sama kamu selalu membandingkan video pertamamu dengan video mereka yang sudah terbiasa berbicara di depan kamera, hal ini akan membuatmu merasa bahwa videomu adalah video yang tidak layak untuk di tampilkan, sehingga kamu akan down dan mengurungkan niat kamu. Namun lupakan hal tersebut, dan mulailah menerima diri-sendiri, jika kamu tetap merasa down maka kamu akan gagal disitu.
  • Rekamlah videomu dan tonton berulang ulang 
  • Rekam lagi videomu dan tonton lah berulang ulang 
  • Lakukan hal tersebut hingga kamu bisa menerima diri sendiri. 
  • Yakinlah videomu yang selanjutnya akan setara dengan mereka bahkan lebih bagus. 

Semoga dengan tips ini kamu menjadi lebih mantap dengan niatanmu, Jika kalian masih ragu dengan semua itu, kamu hanya perlu terus berlatih, kalau perlu bacalah artikel ini sambil kamu rekam. 

LihatTutupKomentar