-->

Fakta menakutkan Semesta yang kita huni

kamulupa


Apakah kalian ingat dengan film Interstellar?, Bagi yang pernah nonton, kemungkinan Anda mengetahui konsep "Time Dilation" . Jika kalian tidak sadar, maka saya akan memberi tahu kalian dalam bahasa awam “Semakin cepat kalian melakukan perjalanan melalui ruang, semakin lambat pula jam kalian berdetak. Dan, juga ada gravitasi yang terlibat”. Hal ini berarti bahwa orang yang hidup di permukaan bumi akan menua lebih lambat daripada orang yang hidup di lantai paling atas atau di luar angkasa.

Jam atom menghitung bahwa, untuk setiap ketinggian 12 inci, Anda dapat mengalami pelebaran waktu. Efeknya sangat kecil sehingga hanya menambah 90 milyar detik untuk masa hidup 79 tahun. Sekarang inilah bagian yang paling menarik, tetapi sebelum kita mulai, Anda perlu membuat beberapa pertimbangan:

Pertama, Ini hanya teori, secara praktis tidak mungkin. Jadi ini skenario hipotetis.

Kedua, Anda memiliki pesawat ruang angkasa yang dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan cahaya (misalkan; 99,99% dari kecepatan cahaya)

Nah, berikut hal menarik tersebut:

Fakta Menarik 1 : Jika Anda bepergian ke ruang angkasa menggunakan pesawat ruang angkasa itu selama satu tahun, usia Anda hanya 5 hari. Sementara di bumi sudah 1 tahun berlalu.


Fakta Menarik 2 : Bintang terdekat dari bumi setelah matahari adalah Proxima Centauri yang berjarak 4,3 tahun cahaya. Jika Anda bepergian ke angkasa menggunakan pesawat ruang angkasa dengan kecepatan cahaya, maka konsep pelebaran waktu (time dilation) akan berlaku. Anda hanya akan memakan waktu 21 hari untuk sampai di sana. Jadi, jika anda pulang dan pergi setelah 42 hari perjalanan, 8,6 tahun telah berlalu di bumi.

Fakta Menarik 3: Sesuai rentang umur hidup manusia, Anda mungkin hanya dapat melakukan perjalanan 4000 tahun cahaya. Yang mana akan menambah 60 tahun dalam hidup Anda, saat  on the way bepergian dengan kecepatan itu.

Jika Anda entah bagaimana berhasil melakukan video call di bumi. Video orang bumi akan bergerak maju lebih cepat dan video Anda akan bergerak sangat lambat.

Kemudian, apa bagian terseram dari perjalanan tersebut? Ketika Anda kembali ke bumi setelah waktu perjalanan 60 tahun, tidak akan ada orang yang menyambut Anda. Mungkin Anda akan menemukan beberapa monumen berumur 4000 tahun yang dibangun atas nama Anda yang telah pergi jauh ke luar angkasa.


Dan bagian menakutkan lainnya adalah, setelah menempuh jarak 37842922 miliar kilometer, yang hanya berjarak 7,5% perjalanan dari galaksi kita. Alam semesta kita terdiri dari 200 miliar galaksi dan Anda bahkan tidak dapat melakukan perjalanan ke Andromeda yang merupakan tetangga galaksi Bima Sakti kita.

Sekarang bayangkan ukuran alam semesta, dan bayangkan betapa kecil diri kita.


LihatTutupKomentar