![]() |
kamulupa |
Bagi yang belum pernah terjun langsung mencari uang dari internet. Saya sarankan jangan mencoba dulu sebelum membaca artikel ini.
Hal apapun menjadi akan
lebih baik, jika dipersiapkan dulu dengan matang. apapun itu. Setuju? Lalu pernahkah kamu dengar formula 5W 1H?
Bagi sebagian penulis biasanya tak asing dengan formula diatas.
Kali ini cukup 4W 1H.
1. What? Apa
sesuatu yang ingin kamu bagikan di internet?
2. Who? Siapa yang ingin
kamu jadikan target segmentasi di internet?
3. Where? Dimana target
segmentasi yang akan kamu tuju?
4. When? Tahu Kapan saatnya
komersil kapan saatnya berbagi?
5. How? Bagaimana dengan
vibrasi dirimu ketika terjun membagikan ini kekhalayak ramai secara online?
Oke, kita bahas satu persatu. Kita seruput dulu kopinya sembari mengunyah mie instan.
1. What? Apa sesuatu yang ingin kamu bagikan di internet?
Dari pertanyaan
diatas, sesuatu tersebut adalah konten, sesuai jargon para pegiat internet
yaitu “Konten still the King” Jadi
wajib hukumnya, kita menentukan konten apa yang akan dibuat. Apakah itu visual,
audio atau audio visual?
Untuk sekarang
ketiganya tidak wajib untuk diseparasikan, akan tetapi lebih dilihat pada niche
(dapat dikatakan topik) konten yang akan kita sajikan nanti.
Bisa niche otomotif,
niche kecantikan, niche traveling, niche bisnis, atau niche kesehatan, dan saya
sarankan Alangkah lebih baik jika pemilihan niche disesuaikan dengan passion
atau pengalaman profesimu di dunia nyata.
Contoh, jika kamu seorang Guru Penjaskes mungkin Niche nya bisa dibidang Kesehatan yaitu “Diet” atau Mikro Niche “Diet untuk ibu-ibu pasca hamil”. Produk Jasanya bisa berupa Ebook, Video webinar, Video Pelatihan Premium atau Podcast Audio atau Produk Fisiknya berupa Alat sedot lemak, buku diet, perlengkapan diet, multivitamin diet dll.
2. Who? Kepada siapa segmentasi pasar kita yang kemungkinan benefit dengan konten dan jasa kita nanti.
Contoh, Metode diet aman 2020 untuk ibu-ibu pasca melahirkan. Otomatis, segmentasi pasarnya adalah Wanita? Betul tidak? Karena 98% wanita akan menyandang gelar ibu-ibu, kalau panjang umur. Dengan demografi umur wanita 24 - 45 tahun atau disesuaikan lagi perencanaan awal target pasar kita.
3. Where? Dimana target segmentasi yang akan kamu tuju?
Bagi yang masih
pemula cukup targetkan Indonesia dulu, kecuali emang mahir sejak dini dalam
berbahasa asing (inggris), alangkah lebih baik langsung main-main ke luar,
misalnya fokus ke Clickbank atau Amazon.
Lalu disesuaikan lagi, pada daerah mana ingin kita tuju, kabupaten A/Daerah B ? Tentunya disesuaikan lagi dengan hasil survey awal kita.
4. When? Kapan saatnya komersil kapan saatnya posting?
Jika kita sedang
berselancar di internet atau social media, lagi asik baca dan scrolling eehh
ada pop up iklan atau lintas iklan (skip ad)? Mayoritas pasti kesal, termasuk
saya sendiri.
Saking masifnya dunia iklan didigital, sampai opening video youtube pun bisa kena dua tampilan video iklan yang berbeda. Pernah ngerasain? Pastinya dong? Jadi yang kita tangkap, tentu sebagian besar netizen membenci konten yang sifatnya terlalu hard selling, Apalagi akun jualan, dari postingan 1 - 1000 isinya produk, tanpa ada jeda konten yg lain. Nah disini bagi kita yg belum mulai terjun mencari uang di internet, bisa kita manfaatkan dengan baik sembari meredam kegusaran netizen.
Buatlah konten yang
bermanfaat terlebih dahulu, diselang-seling atau bagi yang sudah pro akan
terbiasa untuk menjadwalkan konten.
Contoh, hari ini
konten tips “Tahukah kamu? Bagaiamana cara? bla bla bla”, besok interaksi “Semoga
yang upvote postingan ini bisa sukses melintir diumur 30 Tahun. Amin”,Lusa
konten jualan sesuai dengan style masing-masing (tapi ingat, jangan lupakan
teknik headline, copywriting dan storytelling). hari berikutnya disesuaikan,
jangan langsung libur post.
Ingat, tak ada istilah tanggal merah bagi para pencari rejeki di internet, kecuali dari diri sendiri yg meliburkan. Sampai disini paham? masih kuat lanjut?
5. How? Bagaimana gairah kita ketika membuat dan membagikan konten tersebut?
Apakah kita semangat
sehari lalu patah arang setelahnya karena gagal mendapatkan trafik /calon
prospek? Atau malah terus bersemangat membuat konten, tanpa memikirkan
kewajiban untuk mendapatkan keuntungan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya?
Jika semangat hanya diawal-awal lalu bosan dan menyerah setelahnya, berarti ada yang salah ketika menentukan 4W sebelumnya. Coba ulangi lagi, terus sesuaikan dengan sesuatu apa yg kita suka, kaji dan ingat lagi sesuatu apa yang kita kerjakan sampai lupa waktu dan terus-terusan berfikir tentang kebiasaan itu.
Nah, hal tersebutlah
yang menjadi tandemmu untuk dibagikan ke khalayak ramai demi meraih kesuksesan
dalam mencari uang di internet.
Contoh, kamu Hoby
Traveling
Kamu bisa membuat
Konten seputar alam (jadilah pro dibidangnya, entah itu pembuatan video
cinematickah, fotografer alam, atau blogging tentang seputar alam, dll)
Atau mungkin kamu
bisa membuat Konten Jualan seperti Jasa Open Trip, Jasa Penyewaan Traveling,
Affiliate Marketing Perusahaan Travel, Jastip, Affiliate Tokopedia untuk
perlengkapan hiking dan masih banyak lagi..
Jika 4 W 1 H tadi
telah kita draft dan mantap untuk dijalankan.
Silahkan turun gunung dan bergabung ke kolam platform, dengan pilihan sebagai berikut.
1. Blogger.com, WordPress.com – mulailah dengan membuat blog atau website sendiri.
2. Siapkan domain TLD Khusus kayak .com .net .org .store .id agar terlihat lebih profesional (Berbayar, palingan 100an ribu pertahunnya
3. Youtube.com – mulailah dengan membuat video cinematic atau vlog dll.
Jika kolam atau landing page kita sudah jadi, kita buatkan juga akun-akun sosial medianya:
1. Facebook (Akun pribadi dulu)
2. Facebook Page (dibuat dengan akun pribadi)
3. Instagram
Jika semuanya sudah
siap, lakukan penjadwalan konten secara konsisten dan baik, bangun interaksi
yang baik sesuai dengan target pasar kita.
Biasakan menulis. Karena untuk sukses di internet dibutuhkan kemampuan menulis yang terus menerus diasah agar lebih mudah menemukan karakter menulisnya. Wajib juga untuk mempelaiari bagaimana cara menulis dengan gaya storytelling, copywriting atau hypowriting. Intinya jangan kayak pocong takut kuburan.
Sebagai bukti dan penyemangat, berikut saya lampirkan SS beberapa hasil gajian saya di internet yg lalu.
Berikut beberapa
rupiah/dollar yg bisa kita kerjakan di internet:
1. Bikin
video youtube
2. Jual
gambar/Foto dan Video ( Rekomen di ShutterStock )
3. Bikin
blog dan daftarin iklan
4. Jualan
Online melalui marketplace ( Tokopedia, Shoppe, Bukalapak dll )
5. Jual
Produk Digital ( Bisa jual di marketplace ratakan )
6. Survey
Online
7. Affiliate
Marketing
8. Dropship
9. Reseller
10. Broker
Domain ( khusus sultan )
11. Bikin
engine follow unfollow social media
12. Publisher
Google Adsense atau lainya
13. Joki
game online
14. Freelance
(Rekomen yang asli dari Indonesia Sribulancer dan Projectid )
15. Faucet
Bitcoin (ngumpulin receh Bitcoin lalu ditukar ke rupiah melalui wallet yg kita
punya)
16. Trading
Forex/Bitcoin
Demikian postingan
kali ini, kurang dan lebih nya mohon dimaafkan.