-->

Temukan Bakatmu Disini, 9 Kecerdasan Manusia

kamulupa.com


Setiap manusia dilahirkan dengan bakat dan kekurangannya, hal itu dapat kita lihat dari kecenderungan kita dalam belajar suatu, contohnya kamu yang cenderung mudah belajar ketika menggunakan pendengaran dan aku yang mudah belajar ketika menggunakan pengelihatan. Sehingga kamu akan berbakat jika kamu menjadi seorang musisi dan aku lebih mudah belajar jika menjadi seorang desainer ataupun fotografer.

Hal ini disebut Multiple intelligences ini merupakan teori kecerdasaan yang disampaikan oleh Howard Gardner, ia menjabarkan ada 9 bentuk kecerdasan manusia, lalu kecerdasan apa yang kamu miliki? Yuk simak dan temukan bakatmu...

 

1.       Kecerdasan visual-spasial,

Kecerdasan ini biasanya akan membuat seseorang mampu melihat secara detail. Hanya dengan melihat, seseorang yang memiliki kecerdasan ini akan lebih mudah mempelajari, mengingat dan menggambarkan sesuatu hal. Biasanya seseorang dengan kecerdasan ini akan berbakat jika ia menjadi seorang fotografer, desainer, arsitek, pelukis atau sejenisnya.

 

2.       Kecerdasan musikal,

Tentu dimiliki oleh para musisi, budayawan, dan seniman. Seseorang yang memiliki kecerdasan musikal biasanya akan mampu mengingat nada atau irama dalam memorinya, sehingga ia akan lebih mudah mengingat sesuatu jika diiringi dengan irama musik.

Sebagaimana namanya, kecerdasan ini adalah kemampuan seseorang mengenali nada, ritme, dan pola suara.

 

3.       Kecerdasan kinestetik,

Orang ini sangat pandai dalam menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan aktivitas sehari hari. Tentunya, ia juga mampu mewujudkan idenya melalui gerak fisik, biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan ini memiliki tubuh yang ideal. Di sinilah para atlit olahraga, penari dan ahli pantonim unggul dibandingkan orang-orang lainnya.

 

4.       Kecerdasan linguistik,

Dimana seseorang memiliki kemampuan menyusun apa yang ia pikirkan dan mengungkapkannya dengan bahasa yang mudah dimengerti orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mengungkapkan isi pikirannya dengan berbicara, membaca, dan menulis. Kemampuan pengolahan bahasa yang baik dalam hal pemahaman atau implementasinya secara tertulis ataupun lisan. Sehingga, dapat mudah ditebak jika para comedy, pengacara, penulis, atau bahkan para pemimpin memiliki kecerdasan ini.

 

5.       Kecerdasan matematis-logis,

Merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur, mengukur, dan memahami simbol numerik, abstraksi dan logika. Kepintaran inilah yang biasanya diukur secara akademis di sekolah-sekolahan. Biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan ini selalu berfikir secara logis dan ilmiah. Contonya adalah seorang ilmuwan dan filsuf.

 

6.       Kecerdasan naturalis,

Kecerdasan ini lebih mengarah pada kemampuan untuk mengenali lingkungan dan memperlakukannya secara proporsional.

Contoh sederhana adalah Kamu suka dialam bebas, suka berteman dengan hewan, atau menyukai tumbuhan. Antropolog, neorolog, arkeolog, atau pecinta lingkungan merupakan seseorang yang sangat hebat dalam kecerdasan naturalis.

7.       Kecerdasan intrapersonal,

Seseorang akan mampu mengenali dan memahami dirinya sendiri serta berani bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri. Dimulai dari menyadari kelemahan, kekuatan, hingga perasaan dirinya sendiri. Biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan ini cenderung introvert.

Para motivator, filsuf, trainer, dan para ahli dalam bidang ilmu tertentu biasanya sangat mampu memahami dirinya dan memiliki kecerdasan ini.

 

8.       Kecerdasan interpersonal,

Berlawanan dengan kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain, dimulai dari memahami perasaan orang lain hingga ia bisa merasakan secara emosional, seperti suasana hati, temperamen, maksud, dan keinginan orang lain. Dan sudah pasti dengan kecerdasan ini kita akan bisa menjadi psikolog ataupun sosiolog.

 

9.       Kecerdasan Eksistensial,

Merupakan jenis kecerdasan yang mampu merasakan dan menghayati berbagai pengalaman rohani atas pelajaran atau pemahaman sesuai keyakinan kepada Tuhan. Biasanya, kecerdasan ini dimiliki oleh para filsuf, ahli spiritual, atau tokoh agama.

 

Nah.. sekarang apakah kamu sudah menemukan bakat dan jenis kecerdasanmu? Tapi walaupun kita lebih ahli dalam kecerdasan yang satu dibandingkan yang lain, perlu diketahui bahwa sebenarnya semua manusia memiliki semua kecerdasan ini, hanya saja dalam taraf yang berbeda

Semoga bermanfaat dan bayyy..


LihatTutupKomentar