-->

apa sebenarnya PING!!! itu?


Dulu ketika Blackberry Messenger (BBM) masih merajai dunia perpesanan antar telpon pintar, PING itu satu kata wajib. Ketika disebut atau terdengar PING orang akan langsung ingat dengan BBM yang entah bagaimana kabarnya sekarang. Tapi ternyata PING pada dasarnya adalah satu kata yang memiliki sejarah panjang.

Dalam wikipedia dijelaskan bahwa PING bermula pada suara sonar kapal selam. Ketika operator mengirimkan pulsa suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul dan diterima kembali ketika telah mengenai sasaran dalam jangka waktu tertentu. Pada Desember 1983, Michael John Muuss menulis suatu program merujuk dari hal tersebut sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam jaringan internet.

Packet Internet Gopher, itulah kepanjangan dari PING. Merupakan suatu program utilitasyang dapat digunakan untuk memeriksa induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dengan menunggu respon darinya.
LihatTutupKomentar