-->

Mengapa aplikasi VPN tidak diblokir Menkominfo?

Karena yang menggunakan VPN bukan cuma mereka yang otaknya ngeres hobi nonton bokep atau hentai. Ada juga manfaat lainnya dari VPN. 


Contoh, teman saya tinggal di Guangzhou. Di Tiongkok daratan sana hanya situs web yang dianggap aman oleh pemerintah yang bisa masuk ke sana. Selebihnya masyarakat harus bisa menikmati konten lokal macam Baidu atau Weiboo. 

Kalau mau buka situs yang lain teman saya harus sewa VPN dan bayarannya patungan dengan sesama orang Indonesia juga. Dia bilang ada yang ilegal dan ada yang legal. VPN legal diawasi pemerintah (sama aja bohong dong).


Contoh lain lagi, saya biasa bertransaksi daring pakai kartu kredit atau aktivitas perbankan lainnya. Supaya saya tetap anonim, menggunakan jasa VPN supaya aman saja. 

Contoh lagi nih. Saya adalah jurnalis yang ingin meliput suatu negara. Tapi internet negara itu memblokir negara Indonesia. Ya saya pakai jasa VPN dong supaya negara itu mengira saya dari Amrik atau Jerman.


Lagi nih, saya mau nonton Lord of The Rings di Netflix. Eh ternyata cuma tersedia di Amrik. Ya terpaksa saya pakai VPN supaya bisa nonton Lord of The Rings dengan pakai IP Amrik.

Kesimpulannya: VPN bukan cuma untuk mereka yang hobi ngebokep. Tapi ada manfaatnya juga. Apakah salah pisau dapur yang diciptakan untuk memotong buah tapi dipakai untuk bunuh orang?
LihatTutupKomentar