-->

Pertempuran paling lama dalam sejarah

Pembahasan ini bukan soal peperangan tetapi soal pertempuran, Kalau soal pertempuran yang berdurasi paling lama dalam sejarah sih baru terjadi sekitar seabad silam, tepatnya pada Perang Dunia I.

Pertempuran tersebut adalah Pertempuran Verdun yang berkecamuk sejak tanggal 21 Februari 1916 hingga 18 Desember 1916. Dengan kata lain, seabad lalu ada pertempuran sengit yang tidak berhenti selama 302 hari.

Pertempuran tersebut dapat berlangsung begitu lama karena kedua belah pihak yang bertempur, Perancis dan Jerman, tidak berniat untuk bertempur secara frontal. Perancis berniat untuk mempertahankan garis pertempuran dan menghambat langkah Jerman, namun Jerman sendiri berniat untuk menghabisi pasukan Perancis dari kejauhan menggunakan meriam. Baik Perancis maupun Jerman sama-sama berniat untuk mendekam di belakang garis pertempuran.

Tentu ada langkah ofensif dari kedua belah pihak selama pertempuran, namun selalu saja gagal karena pihak lawan telah memasang perangkap dan liang tembak di sepanjang medan pertempuran.

Meski saling berjauhan, kedua kubu senantiasa menembakkan meriam mereka tanpa henti. Saking banyaknya peluru meriam yang ditembakkan selama 302 hari, area sekitar Verdun yang tadinya hijau menjadi hitam akibat tanah yang terburai. Hingga hari ini, kita masih bisa melihat bekas-bekas tembakan di tanah akibat pertempuran terlama sepanjang sejarah.


Pertempuran berakhir ketika Perancis melancarkan serangan ofensif besar-besaran pada tanggal 15 Desember 1916, ketika pasukan Perancis telah berhasil membombardir garis pertahanan Jerman menggunakan meriam rel, yang jangkauan tembaknya melampaui jangkauan tembak meriam biasa.


Jadi demikianlah pertempuran yang paling lama yang pernah tercatat sejarah. Kedua belah pihak masing-masing menanggung 350.000 korban jiwa akibat dari kombinasi serangan 40 meriam tiap menit, serangan parit, dan penyakit.

LihatTutupKomentar