-->

Kapan waktu yang tepat untuk megakhiri letihnya mengejar duniawi?

Tahu sate?


Saat ikut learning camp beasiswa bank mandiri tahun 2017 lalu, saya memiliki teman yang hidupnya santuuy banget. Ketika kami stress mikirin passing grade yang gak naik-naik untuk goal di PTN pilihan, dia mah keep santuy orangnya. Enjoy. Gak terlihat terbebani sama sekali wajahnya. Dan nasihat dia selalu paling ditunggu-tunggu karena nyentrik.

Jadi setiap malam semua peserta wajib berkumpul setelah jadwal belajar berakhir. Rutin. Jam 9 malam jadwalnya. Kita duduk berkeliling dan masing-masing orang harus memberikan semangat pada yang lain dengan kata-kata yang disiapkan sendiri. Semacam kata mutiara gitu lah. Prinsip sendiri juga boleh.


Pada hari ke-20, kami yang sudah mulai jenuh dan stress dengan jadwal yang padat dan menekan akhirnya tersegarkan oleh kalimat mutiara ijey. Nama aslinya saya lupa. Ijey panggilannya.

Jadwal kita itu setiap hari itu dari jam 3 subuh sampai jam 10 malam. Hanya ibadah, makan, olahraga, belajar, push rank pg to wkwk. Stress banget. Gaada hiburan sama sekali karena hp disita. Cuma sesi sharing yang ngehibur.

Ijey bilang, "Kalau kalian beli sate daging, tenang aja, gausah takut gak dikasih tusuk sama mamangnya. Tusuknya, bumbunya, acarnya, termasuk kertas nasi, karet sama plastiknya pasti dikasih sama mamangnya. Hidup juga gitu, kalau beli akhirat, seluruh dunia dan seisinya pasti dikasih. Gak perlu dikejar. Bahkan gak perlu dipinta juga pasti bakal dikasih. Coba kalau kalian beli tusuk sate di supermarket, dapet dagingnya juga gak? Kan nggak. Boro-boro dapet acar." Gitu katanya.

Setelah kata mutiara itu saya jadi pasrah. Gak ngejar dan mikirin PG lagi. Saya cuma berusaha lebih keras untuk ibadah yang semuanya saya lebih-lebihin. Buat ngebujuk yang di atas hehe. Eh bener dong, passing grade saya yang 12% naik jadi 34% di hari ke 30. Waktu ujian sbmptn sesungguhnya juga saya tenang banget gak grogi. Semua mapel bisa saya lewati termasuk fisika, kimia dan MTK IPA. Saya kan jeblok banget disitu. Tapi bisa ngerjain dan nemu jawaban itu cepet banget. Alhasil saya pun lulus PTN dan bisa kuliah murah sampe sekarang.

Intinya kalau mau makan, beli daging satenya (akhirat), tusuk sate dan lain-lainnya pasti dikasih. Kalau beli tusuk satenya aja (dunia), daging dan lain-lainnya belum tentu dikasih.


LihatTutupKomentar