-->

CODING PROGRAM SELECTION SORT ASCENDING MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMMAN JAVA

 CODING SELECTION SORT ASCENDING DENGAN BAHASA JAVA

    Selection sort merupakan sebuah teknik pengurutan dengan cara mencari nilai tertinggi / terendah di dalam array kemudian menempatkan nilai tersebut di tempat semestinya. Algorithma ini dapat mengurutkan data dari besar ke kecil (Ascending) dan kecil ke besar (Descending). Algoritma ini tidak cocok untuk set data dengan jumlah besar. Berikut adalah coding program selection sort ascending dengan bahasa java :

package selectionascending;

 

/**

 *

 * @author UI PC

 */

public class SelectionAscending {

 

    public static void main(String[] args) {

        int[] A = {27, 80, 8, 46, 16, 12, 50};

        int min, temp, index = 0;

 

        for (int i = 0; i < (A.length - 1); i++) {

            min = A[i];

            for (int j = (i + 1); j < A.length; j++) {

                if (A[j] < min) {

                    min = A[j];

                    index = j;

                }

 

            }

            temp = A[i];

            A[i] = min;

            A[index] = temp;

        }

        for (int i = 0; i < A.length; i++) {

            System.out.println(A[i]);

 

        }

    }

}

    Berikut output program di atas jika di run :

Selamat Mencoba.

LihatTutupKomentar