-->

Mengapa Hoover Dam tidak dipengaruhi gravitasi Bumi?

kamulupa

Tentunya, seluruh wilayah di Bumi pasti berada di dalam pengaruh gravitasi Bumi. Segala hal yang memiliki massa pasti memiliki gravitasi dan pasti saling memengaruhi satu sama lain. Hanya saja, besar pengaruh dan dampaknya berbeda-beda, salah satunya karena faktor jarak. Bahkan, tubuh Andapun memiliki gravitasi sendiri. Anda dan Bumi saling memengaruhi dalam hal gravitasi. Hanya saja, massa tubuh Anda sangat - sangat kecil dibandingkan dengan massa Bumi, sehingga pengaruh gravitasi tubuh Anda sangat - sangat kecil, begitu kecilnya sehingga bisa diabaikan sama sekali.

Lalu, kenapa ada wilayah di Bumi yang tampaknya tidak dipengaruhi gravitasi, padahal sebenarnya tidak demikian?

Ambil contoh Hoover Dam, bendungan raksasa di perbatasan Nevada dan Arizona.


Banyak orang yang melakukan eksperimen kecil dengan menuangkan air dari dalam botol, dari pinggiran bendungan tersebut, dan ternyata air tersebut ternyata "tumpah" ke atas, bukan ke bawah. Tampaknya, di tempat tersebut air menjadi benda bermassa yang tidak dipengaruhi oleh gravitasi, namun ternyata hal tersebut disebabkan oleh tiupan angin yang keras dari bawah ke atas di sepanjang dinding bendungan, yang menyebabkan air yang dituangkan tersebut "tumpah" ke atas, tidak ke bawah. Jadi, di tempat tersebut bukannya air tidak dipengaruhi gravitasi. Air tetap dipengaruhi gravitasi Bumi, hanya saja angin bertiup cukup keras dari bawah ke atas, meniup air hingga buyar ke arah atas.

Atau, air terjun terbalik di Derbyshire di Inggris? Ini juga disebabkan oleh hal yang mirip dengan yang di Hoover Dam. Angin keras bertiup dari bawah, menyebabkan air yang tumpah tersebut "terjun" ke atas, tidak ke bawah.

Dan ada beberapa tempat lain yang tampaknya gravitasi Bumi tidak bekerja seperti biasanya.

Jadi, tidak ada tempat di manapun di muka Bumi ataupun di dalam Bumi yang tidak dipengaruhi oleh gravitasi Bumi. Hanya saja, besarnya pengaruh gravitasi Bumi di berbagai tempat di Bumi ini memang berbeda-beda. Ada tempat-tempat atau titik-titik di Bumi ini yang memeroleh pengaruh gravitasi Bumi yang cukup Ekstrim. namun, itu tentunya untuk menjawab pertanyaan lain, ya.

LihatTutupKomentar