-->

Bagaimana cara pisau memotong?

Pada tingkat atom, semua pisau sangat tumpul.


Material yang dipotong tidak pecah pada tingkat molekuler, sebaliknya kekuatan potongan difokuskan pada area yang sangat kecil. Ini jauh lebih kuat daripada yang bisa diambil oleh material, jadi ia terkoyak karena tekanan yang sangat terbatas.

Tetapi bahkan jika Anda memiliki pisau cukur yang diasah menjadi ujung atom tunggal yang sempurna, itu tidak akan memecah molekul.

Kecuali jika Anda memiliki "ikatan atom" versi yang lebih kecil, karena dalam arti tertentu, atom yang berinteraksi adalah yang menyatukan suatu materi. Dalam arti itu, ia memecah ikatan atom: ikatan yang menahan materi dalam bentuk padatnya. Tapi itu lebih ikatan antar molekul, dan saya akan mengerti istilah "ikatan atom" berarti ikatan intra-molekul. Biasanya ini jauh lebih kuat daripada ikatan antar molekul.

Tapi sebagian besar, pisau hanya mendorong material keluar dari jalan.

pisau kadang-kadang dapat memecah molekul. Secara umum, ini membutuhkan molekul yang panjang sehingga kekuatan yang dibutuhkan untuk melepaskan molekul lebih besar dari ikatan. Molekul rantai panjang seperti polimer dapat dipecah dengan cara ini. Tapi itu pengecualian dan bukan aturan.


Bayangkan bahwa banyak bola ini yang direkatkan dalam berbagai bentuk. Setiap bola adalah atom, atom-atom yang direkatkan bersama adalah senyawa. Kumpulan bola mewakili bahan yang akan dipotong. Bayangkan lubang bola ini membentang tanpa ujung dalam selusin mil.

Ke permukaan, kami membawa pisau tajam pembedahan. Diasah dengan ketajaman yang ekstrem, ujung tombak pisau bedah ini terlihat pada skala ini, seperti ini :


Itulah lunas kapal kontainer. Jadi saat bola itu mengenai, kebanyakan akan membuat mereka menjadi bubur. Tetapi saat ia tenggelam, bola-bola itu akan terjepit ke satu sisi atau sisi lainnya.

Seperti itulah kira-kira pemotongan pada skala atom.


LihatTutupKomentar