-->

Ke mana lubang hitam mengarah?

Lubang hitam bukanlah benar-benar sebuah "lubang". Lubang hitam alias black hole adalah benda angkasa sisa dari bintang raksasa yang telah mati di mana gravitasinya menjadi sangat besar sehingga pembelokkan ruangnya sangat curam, walhasil tidak ada materi apa pun yang bisa meloloskan diri dari gravitasinya ketika sudah terlalu dekat, meskipun itu cahaya.

Black hole itu tidak seperti ini:


Atau ini.




Black hole itu lebih seperti ini:


Atau begini:


Jadi, alih-alih sebuah lubang, black hole adalah sebuah benda tiga dimensi berbentuk bola yang berwarna hitam dengan kepadatan yang luar biasa.

Dan, kalau ditanya "ke mana lubang hitam mengarah" maka dalam konteks ini adalah pusat lubang hitam. Apa yang ada di pusat lubang hitam? Para ahli sepakat untuk menyebut daerah yang belum kita ketahui ini dengan nama singularitas.

Sebelumnya, lubang hitam memiliki sebuah area yang disebut event horizon (cakrawala peristiwa) yaitu batas di mana sesuatu sudah mustahil untuk keluar dari lubang hitam. Di tengah-tengah batas dalam event horizon itulah yang disebut singularitas, yaitu sebuah tempat di mana massa atau kepadatan menjadi tak terbatas dan lengkungan ruang-waktu menjadi tidak terbatas pula, karena begitu kuatnya gravitasi di sana.

Apa yang terjadi kalau ada yang masuk ke sana? Hilang … dan tak pernah kembali. Setidaknya itulah yang kita perkirakan, karena kita belum punya data soal apa dan bagaimana isi singularitas itu.

 


LihatTutupKomentar