-->

KAGUM KEPADA ORANG INDONESIA


Download ebook Kagum Kepada Orang Indonesia Karya Emha Ainun Nadjib atau yang biasa kita sapa cak Nun, lahir pada 27 Mei 1953 di Jombang, Jawa Timur. Pernah meguru di Pondok Pesantren Gontor, dan “singgah” di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Emha Ainun Nadjib merupakan cendekiawan sekaligus budayawan, yang piawai dalam menggagas dan menoreh kata-kata. Tulisantulisannya, baik esai, kolom, cerpen, dan puisipuisinya banyak menghiasi pelbagai media cetak terkemuka.

Pada 1977, Mochtar Lubis pernah mengidentiikasi lebih dari sepuluh sifat orang Indonesia. Kebanyakan bernada negatif. Ada satu dua yang positif, yaitu artistik. Maksudnya, orang Indonesia itu suka seni. Kemudian, pada 1998, penyair Tauik Ismail pernah menulis puisi berjudul Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia. Pada saat menulis puisi itu, mungkin Tauik Ismail masih menemukan sifatsifat negatif yang dikedepankan Mochtar Lubis melekat pada diri manusia Indonesia di akhir Orde Baru atau awal Reformasi. Sehingga, ia malu sebagai orang Indonesia. Di antara sifatsifat orang Indonesia itu adalah hipokrit, enggan bertanggung jawab atas perilakunya, bermental feodal, percaya takhayul, dan tidak hemat.


Download ebook Novel, ebook edukasi, ebook kesehatan, ebook religius, ebook bisnis, ebook lifestyle, tutorial dan lainnya di suarabuku.com secara gratis, ayo bersama suara buku kita tingkatkan literasi bangsa Indonesia, baik membaca, menulis, maupun berpikir kritis.

Note : Jika anda memiliki uang dan menyukai e-book ini, belilah bukunya untuk mendukukung penulis.
LihatTutupKomentar