-->

Apa saja fakta mengenai Nabi Muhammad yang jarang diketahui?


1. Kira-kira 3.000 tahun sebelum beliau lahir, nabi Ibrahim sudah berdoa tentangnya.

2. Beliau hidup di kota entrepreneurship (Makkah)
Istrinya (Khadijah) adalah entrepreneur terkaya di Makkah. Barang dagangannya sebanding dengan gabungan seluruh dagangan entrepreneur Makkah lain.

3. Ayahnya (Abdullah) entrepreneur.

4. Pamannya (Abu Thalib, Abu Lahab, Hamzah, Abbas) entrepreneur.

5. Kakeknya (Abdul Muthallib) entrepreneur.

6. Buyutnya (Abdu Syams, Qushay, Kilab, Hasyim, Quraisy) entrepreneur.

7. Sahabat-sahabat terdekatnya (Abu Bakar, Umar, Utsman, Abdurrahman bin Auf, Zubair bin Awwam, Suhaib bin Sinan, Thalhal bin Ubaidillah, dan masih banyak lagi) entrepreneur.

8. Penentang-penentang terbesar Rasulullah adalah elit Makkah dan rata-rata entrepreneur sukses. Mereka merasa kalau Rasulullah dibiarkan, kedudukan mereka akan jatuh.

9. Beliau sendiri adalah entrepreneur handal. Kelas beliau adalah entrepreneur ekspor-impor.

10. Ketika hijrah ke Madinah, yang menguasai ekonomi Madinah adalah bangsa yang jiwa entrepreneurship nya sangat kuat, yaitu Yahudi.

11. Dalam 2 tahun, beliau berhasil membalik penguasaan ekonomi Madinah dengan cara "menyatukan" masjid dan pasar. Setelah itu, muslim menjadi penguasa ekonomi Madinah.

12. Beliau memiliki kira-kira 100.000-an orang sahabat. Beliau sangat dihormati dan dicintai oleh para sahabatnya. Siapa di antara kita yang bisa memiliki sahabat sebanyak itu?

13. Tapi, beliau juga sangat rindu dengan kita yang beliau sebut dengan "saudara-saudaraku; yaitu orang yang tidak pernah melihatku tapi beriman kepadaku"

14. Khalid bin Walid adalah jenderal terhebat Islam. Selama karirnya di militer, ia cuma pernah kalah beradu strategi satu kali, yaitu ketika melawan Rasulullah di perang Uhud (sebelum ia masuk Islam).

15. Beliau pernah ditawari wanita, kedudukan, harta, dan posisi penguasa oleh para elit Makkah. Semuanya beliau tolak. Misi beliau cuma satu, yaitu tegaknya Tauhid.

16. Beliau tidak sanggup move on dari Khadijah walaupun ia sudah wafat begitu lama. Beliau selalu bilang, "Ia percaya kepadaku ketika yang lain mendustakanku."

17. Pernah diperlihatkan kalung Khadijah kepada beliau dan beliau langsung menangis.

18. Beliau memiliki kemampuan mengenali bakat seseorang dengan luar biasa. Aisyah (istrinya) ditempatkan untuk mewarisi hadistnya sampai di angka 3000-an buah. Beliau menempatkan Ibnu Abbas yang cerdas sebagai ahli tafsir. Beliau menempatkan Mushab bin Umair yang jago diplomasi sebagai utusan ke Madinah, dsb

19. Ekspresi beliau marah adalah wajah beliau yang memerah, bukan dengan makian apalagi pukulan.

20. Tanda beliau bahagia adalah wajah beliau menjadi bersinar. Kaab bin Malik memberi testimoni, "kalau Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam gembira, wajahnya bersinar laksana kepingan bulan purnama."

21. Jika dikonversi ke negara modern, selama 23 tahun karir beliau sebagai nabi, beliau telah berhasil mengislamkan total 7 negara (Yaman, Bahrain, UAE, Qatar, Kuwait, Oman, dan Saudi).

22. Kalau Anda pernah berkunjung ke Madinah, Anda akan sadar sahabat Nabi yang kuburannya ada di Baqi (wilayah kuburan di Madinah) cuma 10.000 orang (padahal jumlah sahabat beliau 100.000-an orang). Berarti cuma 10% sahabat yang dikubur di sana. Kok bisa? Sebab, setelah nabi wafat, para sahabat menyebar ke penjuru dunia untuk menyebarkan Islam. Mereka ke Asia Tengah, Anatolia, Eropa, Afrika, Asia Timur, dll. Jadi, jika Anda muslim, ayo tiru para sahabat. Jadilah warga global. Jelajahilah dunia. Inilah karakter generasi bentukan nabi kita.

Sebenarnya masih banyak data fakta tentang beliau. Tapi bahkan ribuan buku Sirah pun tak mampu menuliskan seluruhnya.
LihatTutupKomentar