- Menurut
Anda, apakah yang dimaksud dengan proses actuating dalam fungsi manajemen,
dan kemampuan apa yang harus dimiliki manajer agar bisa melaksanakan
fungsi tersebut !
Jawab:
Actuating adalah proses mengarahkan anggota organisasi
agar planning dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan kamampuan yang harus
dimiliki yaitu menumbuhnkan semangat
anggotanya.
- Sebutkan
dan jelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan oleh manajer dalam melakukan
pengawasan ?
Jawab:
1.
Penetapan
standart pelaksanaan, standart mengandung arti sebagai suatu satuan pengukuran
yang dapat digunakan sebagai patokan untuk penilaian hasil.
2.
Penentuan
pengukuran pelaksanaan kegiatan berapa kali pelakasanaan tersebut harus diukur
setiap jam, hari, atau bulan? Dalam bentuk apa pengkuran akan dilakukan? Siapa
yang akan terlibat manajer atau staf departemen.
3.
Pengukuran
pelaksanaan kegiatan pengamatan pelaporan baik lisan maupun tulis, inspeksi,
pengujian, pengambilan sampel, pemeriksaan internal.
4.
Perbandingan
pelaksanaan dengan standart dan analisis penyimpangan yaitu dengan membandingkan pelaksanaan nyata
dengan yang direncanakan atau standart yang telah ditetapkan.
5.
Pengambilan
tindakan koreksi bila diperlukan berupa mengubah standart mula-mula atau
mengubah pengukuran pelaksanaan.
- Keberadaan
organisasi selalu di pengaruhi oleh lingkungan disekitar organisasi
tersebut, baik lingkungan internal maupun eksternal tersebut, serta
berikan contohnya !
Jawab:
Lingkungan internal: semua kejadian di dalam perusahaan
yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan. Contoh :
·
Pemilik
organisasi
·
Tim
manajemen
·
Para
anggota atau pekerja
·
Lingkungan
fisik organisasi
Lingkungan eksternal: semua kejadian di luar perusahaan
yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan. Contoh :
·
Pemasok
·
Pelanggang
·
Pesaing
·
Patner
strategis
·
Regulator
·
Pemerintah
·
Masyarakat
umum
- Dalam
organisasi, setiap interaksi anggotanya berpotensi menimbulkan konflik,
namun sebagai manajer, kita harus bisa mengelola tingkatan konflik dan
menyelesaikannya, salah satunya adalah dengan memahami fungsi konflik
dalam organisasi. Sebutkan dan jelaskan fungsi konflik bagi organisasi !
Jawab:
1.
Sebagai
alat kohesi yaitu organisasi kompak ketika menghadapi lawan dan tidak
menjelekan organisasi lain serta saling berpersepsi untuk berpacu dan
berprestasi.
2.
Sebagai
alat penimbul kreativitas
Tugas pemimpin : menyediakan forum bagi anggota
organisasi yang berbeda pendapat dalam bentuk diskusi.
Hasil diskusi : ide baru sebagai wujud kreativitas.
3.
Sebagai
alat pelepas / katup : sebagai pemimpin perlu memberikan staf untuk
menyampaikan unek-unek yang tak berkenan dihati sehingga puas.
4.
Sebagai
alat keseimbangan: organisasi perlu memelihara agar konflik terbatas menjadi
hidup, ibarat makan perlu sambal biar enak namun sistem keseimbangannya juga
jangan monoton.