-->

SOAL UAS DASAR MANAJEMEN SEMESTER 1 MIF POLIJE

SOAL UAS DASAR MANAJEMEN





  1. Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan proses actuating dalam fungsi manajemen, dan kemampuan apa yang harus dimiliki manajer agar bisa melaksanakan fungsi tersebut !
Jawab:
Actuating adalah proses mengarahkan anggota organisasi agar planning dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan kamampuan yang harus dimiliki yaitu  menumbuhnkan semangat anggotanya.

  1. Sebutkan dan jelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan oleh manajer dalam melakukan pengawasan ?
Jawab:
1.      Penetapan standart pelaksanaan, standart mengandung arti sebagai suatu satuan pengukuran yang dapat digunakan sebagai patokan untuk penilaian hasil.
2.      Penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan berapa kali pelakasanaan tersebut harus diukur setiap jam, hari, atau bulan? Dalam bentuk apa pengkuran akan dilakukan? Siapa yang akan terlibat manajer atau staf departemen.
3.      Pengukuran pelaksanaan kegiatan pengamatan pelaporan baik lisan maupun tulis, inspeksi, pengujian, pengambilan sampel, pemeriksaan internal.
4.      Perbandingan pelaksanaan dengan standart dan analisis penyimpangan  yaitu dengan membandingkan pelaksanaan nyata dengan yang direncanakan atau standart yang telah ditetapkan.
5.      Pengambilan tindakan koreksi bila diperlukan berupa mengubah standart mula-mula atau mengubah pengukuran pelaksanaan.

  1. Keberadaan organisasi selalu di pengaruhi oleh lingkungan disekitar organisasi tersebut, baik lingkungan internal maupun eksternal tersebut, serta berikan contohnya !
Jawab:
Lingkungan internal: semua kejadian di dalam perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan. Contoh :
·         Pemilik organisasi
·         Tim manajemen
·         Para anggota atau pekerja
·         Lingkungan fisik organisasi
Lingkungan eksternal: semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan. Contoh :
·         Pemasok
·         Pelanggang
·         Pesaing
·         Patner strategis
·         Regulator
·         Pemerintah
·         Masyarakat umum

  1. Dalam organisasi, setiap interaksi anggotanya berpotensi menimbulkan konflik, namun sebagai manajer, kita harus bisa mengelola tingkatan konflik dan menyelesaikannya, salah satunya adalah dengan memahami fungsi konflik dalam organisasi. Sebutkan dan jelaskan fungsi konflik bagi organisasi !
Jawab:
1.      Sebagai alat kohesi yaitu organisasi kompak ketika menghadapi lawan dan tidak menjelekan organisasi lain serta saling berpersepsi untuk berpacu dan berprestasi.
2.      Sebagai alat penimbul kreativitas
Tugas pemimpin : menyediakan forum bagi anggota organisasi yang berbeda pendapat dalam bentuk diskusi.
Hasil diskusi : ide baru sebagai wujud kreativitas.
3.      Sebagai alat pelepas / katup : sebagai pemimpin perlu memberikan staf untuk menyampaikan unek-unek yang tak berkenan dihati sehingga puas.
4.      Sebagai alat keseimbangan: organisasi perlu memelihara agar konflik terbatas menjadi hidup, ibarat makan perlu sambal biar enak namun sistem keseimbangannya juga jangan monoton.


LihatTutupKomentar