-->

Point-point penting informasi kip kuliah

kamulupa

kamulupa.com - poin poin informasi KIP KUliah dan seleksi masuk Perguruan tinggi negeri :

SISWA YANG BISA MENDAFTAR KIP KULIAH ADALAH LULUSAN 2018, 2019 DAN 2020

1. Pendaftaran KIP Kuliah baru dibuka pada awal Maret. Belum ada tanggal pasti, tapi sudah dipastikan bahwa Maret akan dimulai pendaftaran program KIP Kuliah.

2. Bagi yang tidak punya KIP/KKS/PKH/KJP tetap bisa mendaftar KIP. Bagi yang punya ID BDT/DTKS dan masih aktif, dipastikan bisa mengajukan KIP Kuliah. Bagi yang tidak punya BDT juga bisa mendaftar. Tetapi teknisnya belum dijelaskan rinci oleh pemerintah.

3. Bagi yang ingin aman mendaftar KIP Kuliah, kita sarankan mengajukan BDT ke Desa. Tak ada kata terlambat.

4. Pengajuan KIP Kuliah tidak melalui Desa atau Dinsos. Desa dan Dinsos hanya mengeluarkan surat BDT/DTKS atau Surat Keterangan Tidak Mampu, sebagai syarat pengajuan KIP Kuliah.

5. Untuk kasus pendaftaran SNMPTN, maka para calon pelamar KIP Kuliah yang sudah punya KIP aktif, diperbolehkan finalisasi SNMPTN. Tanda KIP aktif adalah uang masih cair pada periode terakhir.

  • Bagi pemilik KKS/PKH/KJP kita sarankan tidak finalisasi dulu. Karena sistem di SNMPTN hanya minta nomer KIP.
  • Bagi pemilik KIP yang nomernya campur huruf dan tidak bisa dimasukkan. Maka lebih baik tidak finalisasi dulu.
  • Bagi yang di data KIP nya masih ada kesalahan. Jika kamu ragu. Lebih baik tunggu aja Maret untuk finalisasinya. Sambil melakukan pengajuan perbaikan KIP ke Dinas Sosial.
6. Bagi calon pelamar KIP Kuliah yang mendaftar SNMPTN dan tidak punya KIP, dipersilahkan login ke SNMPTN dan melakukan pengisian data hanya sampai di pilih PTN dan program studi saja. Kalian wajib menyelesaikan pilih prodi maksimal pada 27 Februari, sementara untuk finalisasi boleh sampai akhir Maret setelah login dan menyelesaikan pendaftaran di web KIP Kuliah.

7. Kenapa pemerintah memberikan kelonggaran waktu finalisasi sampai akhir Maret ? Hal itu karena pemerintah butuh waktu untuk menyambungkan data KIP Kiliah ke data SNMPTN. Penyambungan ini tujuannya agar ketika kamu diterima di suatu PTN kamu terdeteksi sebagai pelamar KIP Kuliah.

8. Bagi pelamar SNMPTN yang sudah Finalisasi tapi tidak punya KIP. Maka silahkan daftar di web KIP Kuliah di awal Maret. Masalah akibatnya apa, kita tidak tahu. (Salahe sopo ra percoyo karo himbauan Instagram dibidikmisicom dan sahabat.kipkuliah)

9. Untuk yang punya masalah terkait pendaftaran akun LTMPT, silahkan tanyakan di call center LTMPT.

10. Untuk seleksi SNMPN Politeknik Negeri, kita sarankan finalisasi di detik-detik akhir saja. Bisa di tanggal 4 atau 5 Maret sambil nunggu rilisnya KIP Kuliah.

11. Untuk seleksi SPAN-PTKIN, pendaftaran KIP Kuliah dilakukan setelah kamu diterima jadi mahasiswa.

12. Untuk SBMPTN. Alurnya, daftar KIP Kuliah dulu baru UTBK SBMPTN biar gratis.

13. Bagi sekolah yang tidak tahu info update terbaru KIP Kuliah, silahkan minta download pengumuman tentang KIP KULIAH di web ltmpt.ac.id


Demikian poin informasi yang bisa kita sampaikan. Mau percaya terserah, nggak percaya terserah. Yang pasti kita sudah berusaha membantu.
LihatTutupKomentar