-->

4 Skill Yang Wajib Dimiliki Calon Entrepreneur

kamulupa

Akhir-akhir ini banyak banget orang yang berkeinginan menjadi entrepreneur. Tapi gak sedikit dari mereka mundur perlahan karena merasa gak cocok menjadi entrepreneur dan kembali lakuin rutinitas bekerja.
Memang, gak semua orang cocok jadi entrepreneur.  Semua orang punya passion masing-masing. Tapi jika Anda yakin bahwa passion Anda adalah seorang pengusaha, artinya Anda wajib kuasai 4 Skill berikut:

1. Skill Komunikasi
Seorang entrepreneur harus bisa menjual idenya. Harus bisa menjual produk yang dipasarkan. Harus bisa meyakinkan calon pembeli, calon reseller, calon investor untuk kerjasama. 

"Tapi mbak, saya gagu kalau bicara. Saya cuma bisa nulis copywriting, storytelling, covert selling"
Gak masalah! Copywriting sama saja skill komunikasi. Intinya Anda bisa meyakinkan seseorang demi memajukan bisnis Anda.

2. Management Waktu
Setiap saya bertemu dengan mentor-mentor saya, mereka berkata bahwa orang sukses itu waktunya sangat berharga. Seorang entrepreneur gak lagi bekerja jam 8am-4pm, tapi ia rela menambah jam terbangnya lebih dari 20jam sehari.

"Tapi capek mbak kalau jam terbangnya harus segitu perhari"
Yaudah, kerja ikut orang aja kan enak.
Gak ada pengusaha sukses yang enak-enakan diawal. Diawal pasti perlu perjuangan ekstra agar kedepannya menjadi pengusaha besar.

3. Melek Financial
Banyak sekali calon entrepreneur yang baru berpenghasilan sedikit langsung dihabiskan. Begitu dapat uang langsung beli ini itu, kredit ini itu, hingga akhirnya pendapatan gak jelas entah kemana. Uang bisnis dan uang pribadi campur baur, ambyar!

Seorang entrepreneur sejatinya gak pernah menghamburkan uang, mereka lebih memilih untuk memutarkan uangnya kembali agar lebih banyak.

4. Mindset
Nah, ini nih yang penting banget bagi calon entrepreneur. Chandra Putra Negara pernah berkata bahwa "entrepreneur it's just about mindset". Bahkan entrepreneur sukses diluar sana lebih menomorsatukan mindset daripada ilmu.

Jadi prinsipnya, sebagus apapun ilmu yang dipelajari gak ada artinya kalau mindsetnya salah.

Perlu diketahui bahwa mindset seorang entrepreneur dan profesi lainnya sangatlah berbeda.
Mungkin 4 skill itu bisa Anda kuasai mulai dari sekarang, agar cita-cita Anda menjadi entrepreneur benar-benar terwujud. Semoga bermanfaat ya..
LihatTutupKomentar