-->

Kapan komputer pertama kali ditemukan?


Tidak ada jawaban yang mudah untuk pertanyaan ini karena banyaknya klasifikasi mengenai komputer. Komputer mekanis pertama, yang dibuat oleh Charles Babbage pada tahun 1822, tidak menyerupai kebanyakan komputer saat ini. Tetapi menurut saya dari sinilah babak komputer pertama dimulai, Oleh karena itu, oleh karena itu saya akan menjelaskan macam macam alat hitung dan menuju komputer yang kita gunakan saat ini. 



Kapan kata "komputer" pertama kali digunakan? 
Kata "komputer" pertama kali digunakan pada tahun 1613 dalam buku The Yong Mans Gleanings oleh Richard Braithwaite dan aslinya menggambarkan manusia yang melakukan penghitungan. Definisi komputer bertahan hingga abad ke-19, dan berahir ketika revolusi industri memunculkan mesin yang tujuan utamanya adalah menghitung. 

Komputer mekanis pertama 
Pada tahun 1822, Charles Babbage membuat konsep dan mulai mengembangkan mesin penghitung, yang dianggap sebagai mesin penghitungan otomatis pertama. Mesin ini mampu menghitung beberapa set angka dan mencetak hasilnya. Babbage menerima bantuan untuk mengembangkan mesin penghitung dari Ada Lovelace, seserang yang di anggap sebagai programer komputer pertama. Sayangnya, karena kendala pendanaan, Babbage tidak pernah bisa menyelesaikan versi fungsional skala penuh dari mesin ini.


Pada tahun 1837, Charles Babbage mengusulkan komputer mekanik umum pertama, Mesin Analitik berisi ALU (Arithmetic Logic Unit), basic flow control, punch cards, dan memori terintegrasi. Ini adalah konsep komputer tujuan umum pertama. Sayangnya, karena masalah pendanaan, komputer ini juga tidak pernah dibuat saat Charles Babbage selama hidupnya. Pada tahun 1910, Henry Babbage, yaitu putra bungsu Charles Babbage, mampu menyelesaikan sebagian dari mesin ini dan melakukan perhitungan dasar. 

Komputer pertama yang dapat diprogram 
The Z1 yang diciptakan oleh Konrad Zuse pada tahun 1936 sampai 1938. Hal ini dianggap menjadi komputer pertama elektromekanis biner yang dapat diprogram. 



Konsep pertama yang kami anggap komputer modern 
Mesin Turing pertama kali diusulkan oleh Alan Turing di 1936 dan menjadi dasar bagi teori tentang komputer. Mesin ini bekerja saat seseorang melakukan serangkaian intruksi logis dan setelah itu mesin mencetak simbol pada pita kertas, dan dengan temuan ini menjadi dasar input output komputer yang digunakan saat ini. 

Komputer yang dapat diprogram listrik pertama 


Colossus adalah komputer pertama yang deprogram menggunakan listrik, yang dikembangkan oleh Tommy Flowers, dan pertama kali ditunjukkan pada bulan Desember 1943. The Colossus diciptakan untuk membantu membaca kode Inggris yang dienkripsi Jerman. 

Komputer digital pertama 
ABC atau Atanasoff-Berry Computer, ABC mulai dikembangkan oleh Profesor John Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry pada tahun 1937. Perkembangannya berlanjut hingga tahun 1942 di Iowa State University. 
ABC adalah komputer listrik yang menggunakan lebih dari 300 tabung vakum untuk perhitungan secara digital, termasuk matematika biner dan logika Boolean, tetapi tidak memiliki CPU sehingga tidak dapat diprogram. 
Pada tahun 1943 muncul The ENIAC yang diciptakan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania. Mesin eniac dibangun menggunakan sekitar 18.000 tabung vakum yang di rakit pada ruangan seluas 500m persegi, dengan berat hampir 50 ton yang mulai dibangun pada 1943 namun tidak. 
Meskipun komputer ABC adalah komputer digital pertama, tetapi banyak yang menganggap ENIAC sebagai komputer digital pertama karena mampu berfungsi secara penuh. 


Komputer program yang disimpan pertama kali 
Komputer pertama yang secara elektronik menyimpan dan menjalankan program adalah SSEM atau Small-Scale Experimental Machine, yang juga dikenal sebagai "Baby" atau "Manchester Baby", pada tahun 1948. yang Ini dirancang oleh Frederic Williams, dan dibangun oleh anak didiknya, Tom Kilburn, dengan bantuan Geoff Tootill, di Universitas Manchester, Inggris. Kilburn menulis program pertama yang disimpan secara elektronik.


Komputer program yang tersimpan kedua yaitu EDSAC, dibuat dan dirancang oleh Maurice Wilkes di Laboratorium Matematika Universitas Cambridge di Inggris. EDSAC melakukan penghitungan pertamanya pada 6 Mei 1949. Itu juga merupakan komputer pertama yang menjalankan permainan komputer grafis, "OXO", sebuah implementasi tic-tac-toe yang ditampilkan pada tabung sinar katoda 6 inci. 



Di tahun yang sama, Manchester Mark 1 adalah komputer lain yang dapat menjalankan program tersimpan. Dibangun di Victoria University of Manchester, versi pertama komputer Mark 1 mulai beroperasi pada bulan April 1949. Mark 1 digunakan untuk menjalankan program untuk mencari bilangan prima Mersenne selama sembilan jam tanpa kesalahan pada 16 dan 17 Juni tahun 1949. 

Perusahaan komputer pertama 
Perusahaan komputer pertama adalah Electronic Controls Company yang didirikan pada tahun 1949 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, orang menciptakan komputer ENIAC. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi EMCC atau Eckert-Mauchly Computer Corporation dan merilis serangkaian komputer mainframe dengan nama UNIVAC. 

Komputer pertama dengan program yang disimpan di memori 


Pertama kali dikirim ke pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1950, UNIVAC 1101 atau ERA 1101 dianggap sebagai komputer pertama yang mampu menyimpan dan menjalankan program dari memori. 

Komputer komersial pertama 
Pada tahun 1942, Konrad Zuse mulai mengerjakan Z4 yang kemudian menjadi komputer komersial pertama. Komputer tersebut dijual kepada Eduard Stiefel, seorang matematikawan dari Institut Teknologi Federal Swiss Zurich, pada 12 Juli 1950. 

Komputer pertama IBM 
Pada tanggal 7 April 1953, IBM secara terbuka memperkenalkan 701, komputer ilmiah komersial pertamanya. 

Komputer pertama dengan RAM 
MIT memperkenalkan mesin Whirlwind pada 8 Maret 1955, komputer revolusioner yang merupakan komputer digital pertama dengan RAM inti magnet dan grafik. 



Komputer transistor pertama 


TX-0 (Transistorized Experimental computer) adalah komputer transistor pertama yang didemonstrasikan di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1956. 

Komputer mini pertama 
Pada tahun 1960, Digital Equipment Corporation merilis komputer PDP pertamanya, PDP-1 yaitu sebuah Komputer desktop dan pertama kali dipasarkan. 
Pada tahun 1964, komputer desktop pertama, Programma 101, diluncurkan ke publik saat Pameran Dunia New York yang ditemukan oleh Pier Giorgio Perotto dan diproduksi oleh Olivetti. Sekitar 44.000 komputer terjual, masing-masing dengan label harga $ 3.200. 
Pada tahun 1968, Hewlett Packard mulai memasarkan HP 9100A, yang dianggap sebagai komputer desktop pertama yang dipasarkan secara massal. 

Stasiun kerja pertama 
Meskipun tidak pernah dijual, workstation pertama dianggap sebagai Xerox Alto, diperkenalkan pada tahun 1974. Komputer itu revolusioner pada masanya dan termasuk komputer, layar, dan mouse yang berfungsi penuh. Komputer dioperasikan seperti banyak komputer saat ini yang memanfaatkan Windows, menu, dan ikon sebagai antarmuka ke sistem operasinya dan pertama kali didemonstrasikan di The Mother of All Demos oleh Douglas Engelbart pada 9 Desember 1968. 

Mikroprosesor pertama 
Pada 15 November 1971. Intel memperkenalkan mikroprosesor pertama yaitu Intel 4004. 

Komputer mikro pertama 
Insinyur Vietnam Prancis Andre Truong dan Francois Gernelle mengembangkan komputer Micral pada tahun 1973 dan dianggap sebagai komputer mikro pertama, ia menggunakan prosesor Intel 8008 dan merupakan komputer non-perakitan komersial pertama. Ini awalnya dijual seharga $ 1.750. 

Komputer pribadi pertama 
Pada tahun 1975, Ed Roberts menciptakan istilah "Personal Komputer" ketika dia memperkenalkan Altair 8800. Meskipun komputer pribadi pertama sebenarnya telah ada pada tahun 1971 yang dianggap oleh banyak orang sebagai KENBAK-1, seharga $ 750. Komputer mengandalkan serangkaian sakelar untuk memasukkan data dan data keluaran dengan menyalakan dan mematikan serangkaian lampu. 


Laptop atau komputer portabel pertama 


The IBM 5100 adalah komputer portabel pertama, yang dirilis pada bulan September tahun 1975. Komputer ini memiliki berat 25kg dan memiliki layar CRT lima inci, tape drive, prosesor PALM 1,9 MHz, dan RAM 64 KB. 
Komputer atau laptop portabel pertama yaitu adalah Osborne I, yang dirilis pada April 1981 dan dikembangkan oleh Adam Osborne. Osborne I memiliki berat 13 kg, memiliki layar 5 inci, memori 64 KB, dua drive floppy 5 1/4 ", menjalankan sistem operasi CP/M 2.2 dan harganya $ 1.795 sudah termasuk modem. 
The IBM PCD (Divisi PC) kemudian merilis IBM portabel di tahun 1984, komputer portabel pertama yang beratnya 30 kg. Kemudian pada tahun 1986, IBM PCD mengumumkan komputer laptop pertamanya, PC Convertible, dengan berat 6 kg. Akhirnya, pada tahun 1994, IBM memperkenalkan IBM ThinkPad 775CD, notebook pertama dengan CD-ROM terintegrasi.


Komputer Apple pertama 
The Apple I adalah komputer Apple pertama yang awalnya dijual seharga $ 666,66. Kit komputer dikembangkan oleh Steve Wozniak pada tahun 1976 dan berisi prosesor 6502 8-bit dan memori 4 kb, yang dapat diperluas hingga 8 atau 48 kb menggunakan kartu ekspansi. Meskipun Apple I memiliki papan sirkuit yang dirakit sepenuhnya, kit tersebut membutuhkan catu daya, layar, keyboard, dan casing agar dapat beroperasi. 


Komputer pribadi IBM pertama 


IBM memperkenalkan komputer pribadi pertamanya IBM PC pada tahun 1981. Komputer itu diberi nama kode Acorn. Ini menampilkan prosesor 8088, memori 16 KB, yang dapat diperluas hingga 256 KB dan menggunakan MS-DOS. 

Klon PC pertama 



The Compaq portabel dianggap menjadi yang pertama clone PC dan dirilis pada bulan Maret 1983 oleh Compaq. Compaq Portable 100% kompatibel dengan komputer IBM dan mampu menjalankan perangkat lunak apapun yang dikembangkan untuk komputer IBM. 

Komputer multimedia pertama 

Pada tahun 1992, Tandy Radio Shack merilis M2500 XL/2 dan M4020 SX, di antara komputer pertama yang memiliki fitur standar MPC. 

Seiring perkembangan zaman komputer dengan standart multimedia semakin canggih dan di butuhkan hampir dalam semua bidang pekerjaan, saat ini perkembangan teknologi komputer telah sampai pada artificial intelligence. Memang sistem ini belum bisa benar-benar bisa diterapkan karena masih banyak kekurangannya. Walau begitu, bukan berarti realisasi komputer generasi kelima tidak akan mungkin terjadi di waktu dekat ini. Bagaimana, ternyata perangkat yang ada dihadapan kamu sekarang memiliki sejarah yang panjang. Semoga sejarah komputer di atas bisa memberikan pengetahuan baru untuk kamu. 


LihatTutupKomentar