-->

Skill yang harus kamu kuasai agar tidak jadi pengangguran





Di jaman modern yang serba mudah ini, banyak sekali lulusan perguruan tinggi menjadi pengangguran, kebayakan dari mereka tidak memilki skill untuk membuat sebuah pekerjaan, disini saya akan merekomendasikan daftar skill, yang harus kamu kuasai agar tidak jadi pengangguran berikutnya.


1. MENULIS

Jadi penulis tidak memerlukan modal yang besar, kita hanya butuh uang 10rb rupiah untuk membeli alat tulis dan memulai menulis, atau bahkan kita bisa memanfaatkan handphone yang kita miliki.

Seseorang yang memiliki skill menulis, pastinya tidak akan kebingungan dengan sebuah pekerjaan, kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan menulis, tidak harus menulis buku, ataupun novel yang cukup ribet. Kamu cukup menulis Artikel, tips, opini atau bahkan cerpen yang panjangnya cukup 4 sampai 7 paragraf dan kamu sudah bisa mendapatakan uang, tinggal kirim saja tulisan kamu pada situs seperti Kompassiana, UC News, atau portal berita lainya, biasanya 1 artikel bisa di hargai mulai dari 50rb sampai 600rb.

Atau jika ingin lebih mandiri kamu bisa membuat blog sendiri dan buatlah banyak artikel di dalamnya, maka uang akan terus mengalir, selama kamu mendaftarkan iklan pada blog kamu dan terus mengupdate artikelnya.

 

2. EDITOR VIDEO


Editor video yang saya maksud tidak ribet seperti yang kamu bayangkan, tidak harus bisa membuat efek seperti di film-film bioskop, kamu hanya perlu belajar basic editor video, bisa memotong, menyambung, memberi tulisan pada video.

Hanya dengan skill sederhana ini kamu bisa membuat konten youtube yang layak untuk di tonton. Upload video hasil editanmu diyoutube dan tentu kamu harus mengikuti pendoman komunitas youtube agar videomu bisa mendapatkan uang. Mulailah membuat video dan upload karyamu diyoutube, setelah itu jangan lupa mengaitkan google adsense pada channelmu, agar videomu menghasilkan uang.

 

3. VOICE OVER

Voice over atau pengisi suara menurut saya pribadi sangat bermanfaat, selain membuat kita cakap dalam berbicara, kita juga bisa berkarya dengan belajar voice over, saat kamu tidak memiliki pekerjaan, kamu bisa mengisi suara dan berpartisipasi pada situs projects.co.id, membuat podcast monolog yang bisa kamu upload pada spotify atau youtube tanpa harus memperlihatkan wajah kamu, jika kamu sangat profesional, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai dubbing pada perusahaan animasi.

 

4. FOTOGRAFIS

“Yang suka selfie, kamu harus mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kamu”. Eitss tapi jangan hanya wajah kamu saja yang di foto, coba foto berbagai hal yang cukup menarik, seperti gelas, hewan, aktivitas manusia dan lainya.

Hanya dengan bermodalkan handphone yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan uang lo, “benarkah? Bagaimana?”. Foto saja apapun yang menarik dan bagus, kamu bisa upload hasilnya pada situs shutterstock, bigstockphoto, freepik dan lainya. Kamu akan mendaptkan 2 sampai 5 dollar pada setiap pembelian foto kamu, dan kabar baiknya 1 foto kamu bisa dibeli berkali-kali loo.

 

5. DESAIN GRAFIS

Yang kali ini menurut saya pribadi cukup berat, tapi percayalah bisa mendesain Grafis akan sangat membantumu kedepanya, memiliki banyak manfaat dan bahkan bisa digunakan untuk bekerja secara profesional.

Seseorang yang memiliki skill desain grafis akan sangat mudah mencari pekerjaan atau uang tambahan, hanya duduk dirumah dengan sebuah laptop kamu bisa berkarya, dan kamu bisa menjual hasil karyamu pada situs online seperti freepik, freelancer dan masih banyak lainya, kamu juga bisa mengikuti kontes desain logo, maskot, seragam atau bahkan kemasan produk, pada situs seperti sribu.com, projects.co.id dan lainya, yang hadiahnya jutaan rupiah.

kamu bisa memulai belajar mendesain dengan menggunakan adobe illustrator ataupun coreldraw, yang saat ini memang banyak di gunakan oleh profesional desainer.


6. NGODING (PROGRAMER)

Belajar ngoding memang sulit dan sayapun juga gak bakat dalam hal ini, tetapi jika kamu mau menekuni, kamu bakalan dicari banyak perusahaan atau bahkan dicari tuhan (becanda). Intinya saat ini dunia sedang menuju kehidupan yang serba digital. Dengan belajar ngoding, kemungkinan besar kamu bisa membuat aplikasi, website atau bahkan game.

Banyak perusahaan digital yang saat ini mulai mendominasi dan tumbuh dengan pesat.

Sejalan dengan hal itu, Seseorang yang memiliki skill ngoding banyak dicari perusahaan, baik bekerja secara terikat ataupun freelance, selain itu kamu bisa membuat sebuah karya sendiri seperti website, aplikasi atau bahkan game, dan kamu bisa mendaftarkanya pada play store, dan uangpun akan datang dengan sendiri.


7. RESELER


Yang terahir dari saya yaitu Reseller atau Drop shipper, kita membeli barang yang tujuanya dijual langsung, intinya sih kita kerjanya cuma memasarkan suatu produk, jika ada orang beli yaa kita langsung belikan dari distributornya.

Dengan skill Reseller, kita bisa memanfaatkan semua barang yang ada ditoko atau ditributor untuk kita jual ulang. Kita hanya perlu posting produk orang lain di media sosial, website, whatsapp atau lainya, tanpa harus menstok produk barang itu.

Dijaman yang serba digital ini, menjadi reseller profesional sangatlah mudah. kita tidak perlu bersusah payah dalam memasarkan sebuah produk, kita bisa membuat toko online, bisa dari shoppe, bukalapak, tokopedia dan lainya. Hanya dengan bermodal handphone kamu bisa menghasilkan uang sendiri.

Dari 7 skill itu saya harap kalian mencoba salah satu, atau boleh semuanya, dan katakan selamat tinggal pengangguran.

LihatTutupKomentar