-->

Apakah tujuan dibentuknya Illuminati?



Illuminati (beneran, bukan versi teori konspirasi), didirikan oleh Adam Weishaupt pada 1776 di Bavaria, sekarang negara Jerman. Adam adalah seorang dosen bidang Hukum Gereja dan Filosofi Praktis di Universitas Ingolstadt. Dia adalah satu-satunya dosen yang bukan pastur. Dia muak dengan semua diskriminasi pengetahuan yang dilakukan oleh akademisi yang didominasi Ordo Jesuit itu. Materi-materi yang dianggap liberal atau Protestan langsung disingkirkan dari kurikulum dan diskriminasi terhadap akademisi yang non Jesuit membuat frustrasi Adam.

Karena itulah Adam memutuskan untuk membuat secret society (memang lagi trend di jaman itu yang serba segala-gala dilarang). Organisasi rahasia ini diharapkan akan mempromosikan ide-ide dari Age of Enlightenment - Wikipedia dan menyusupkan orang-orang mereka ke birokrasi pemerintahan dan akademia di Bavaria. Menurut statuta Illuminati, tujuan dari organisasi ini adalah “untuk mengakhiri intrik dari pelaku ketidakadilan, untuk mengendalikan mereka tanpa mendominasi mereka.” ("The order of the day is to put an end to the machinations of the purveyors of injustice, to control them without dominating them.")

Detail ceritanya cukup panjang, bisa dibaca di Illuminati - Wikipedia (saran saya baca versi English karena versi Indonesia gak lengkap ceritanya). Illuminati ini bersaing dengan Freemasonry (yang sudah mapan lebih dulu). Pada puncaknya di 1784 Illuminati memiliki anggota 650 orang yang terverifikasi, tapi diklaim 2500 oleh pihak Illuminati. Anggotanya berasal dari kalangan profesional, pejabat gereja, akademisi, dokter, pengacara, dan beberapa politikus dan pengusaha yang berpengaruh.

Kejatuhan organisasi ini karena anggota-anggotanya terlalu banyak membual sehingga kehadiran secret society ini tidak lagi secret, malah jadi public secret. Keributan di dalam organisasi juga membuat perkumpulan ini melemah.

Akhirnya Pangeran Charles Theodore, penguasa Bavaria, melarang semua secret societies termasuk Illuminati pada 1785. Adam Weishaupt kabur dan banyak dokumen-dokumen internal Illuminati disita pemerintah dan dibuka untuk umum pada 1787.

Banyak organisasi-organisasi fraternity yang muncul belakangan menamai diri mereka Illuminati supaya bisa menarik anggota. Tapi tidak ada bukti bahwa kelompok-kelompok ini bisa memiliki pengaruh politik yang kuat.

Teori-teori konspirasi terkait dengan Illuminati memang jadi berkembang karena karya-karya fiksi Dan Brown, Umberto Eco, Robert Shea, dan Robert Anton Wilson. Video games seperti Assassin’s Creed juga banyak melibatkan Illuminati.

Mengapa Sulit untuk Mempercayai Ada Satu Organisasi Rahasia Bisa Mengendalikan Dunia?

Karena dunia ini terlalu beragam macam isinya dan kepentingannya. Memikirkan kepentingan satu negara saja sudah susah mewujudkannya (Lihat bagaimana Saudi sulit dikendalikan oleh AS di era Obama. Bahkan Kim Jong Un saja belum tentu patuh kepada Beijing).

Selain itu, Illuminati yang sekelas lokalan Bavaria aja akhirnya ribut sendiri (begitulah risiko organisasi yang berisi free-thinkers, semua orang punya pikiran sendiri-sendiri), bagaimana Illuminati fiktif yang mengendalikan dunia, haruslah organisasi yang lebih besar lagi.

Secret Society dibuat pada jaman itu karena penguasa dan gereja masih menjalankan pengaruh diktator mereka yang sangat diskriminatif dan menghambat kebebasan berpikir dan berekspresi. Lalu penguasa sering kali memfitnah organisasi-organisasi ini sebagai dalang masalah.

Sebenarnya di era modern sekarang, seperti Illuminati ini ada, yaitu PRD (Partai Rakyat Demokratik) di era Soeharto. Mereka dituduh macam-macam oleh Pemerintah Orde Baru yang represif dan dipenjarakan.

Di Turki, ada pengikut ulama Fetullah Gulen (disebut Gulenist) yang beroposisi terhadap pemerintahan Erdogan. Mereka memasukkan simpatisan-simpatisan mereka dalam berbagai institusi sipil dan militer pemerintah, dan beberapa waktu yang lalu berupaya melakukan kudeta namun gagal.



LihatTutupKomentar