-->

Kenapa Body Mobil Mudah Penyok?

kamulupa


Anda pasti pernah melihat gambar ini.

Gambar ini membuat orang menyangka bahwa mobil tersebut memiliki kualitas komponen rendah, sementara sepeda tersebut memiliki kualitas komponen yang tinggi. Padahal, pada mobil yang memiliki komponen kualitas yang tinggi, justru bagian bemper depannya sangat mudah penyok.

Kok bisa?

Jadi, dibagian depan dan belakang mobil, terdapat sesuatu yang disebut dengan crumple zone atau zona benturan.

 


Crumple zone di desain agar lebih mudah penyok ketika terjadi kecelakaan sehingga ketika terjadi tabrakan, impact-nya terredam dan energi kinetiknya terserap. Crumple zone ini ibaratnya matras yang digunakan oleh stuntman untuk meredam tabrakan mereka dengan tanah.


Maka dari itu, jika anda merasa bodi mobil bagian depan dan belakang anda mudah penyok, bersyukurlah karena anda memiliki mobil yang aman.

Kembali ke gambar di atas. Mobilnya penyok bukan karena mobil itu made in China dan kualitasnya rendah, tetapi karena bagian tersebut didesain agar mudah penyok. Roda sepedanya tidak memiliki kerusakan parah, bukan berarti sepeda tersebut berkualitas tinggi, tetapi karena roda didesain untuk menahan gaya dari luar dan mempertahankan bentuk lingkarannya.


LihatTutupKomentar