-->

Cara memperoleh KIP kuliah



kamulupa.com


Cara memperoleh KIP

KIP kuliah merupakan bentuk penyempurnaan dari bidikmisi. Meskipun belum sepenuhnya resmi sudah banyak yang penasaran bagaimana cara mendaftar dan mendapatkan KIP kuliah, banyak dari berbagai sumber berusaha menjelaskan bangaimana cara mendapatkan KIP Kuliah, namun informasinya berupa sepenggal sepenggal.

Berikut kita rangkum Informasi dari berbagai sumber dan kita akan membagikan informasi bagaimana mendaftar dan mendapatkan KIP kuliah

1. Angkatan 2019 dan selanjutnya
Hal pertama yang harus kita tahu yaitu calon penerima KIP Kuliah adalah angkatan kuliah tahun 2019 dan setelahnya yaitu 2020, 2021 dan seterusnya. Sedangkan untuk angkatan kuliah 2018 dan sebelumnya seperti 2017, 2016 dan seterusnya tidak bisa mendaftar KIP Kuliah. Namun demikian, angkatan 2018 dan sebelumnya masih dapat mendaftar beasiswa bidikmisi.

2. Terdaftar pada di BDT
sekarang kamu harus memeriksa apakah kamu terdaftar di BDT (basis data terpadu) atau tidak. BDT adalah pusat data yang menjadi data acuan masyarakat kurang mampu. BDT juga dikenal dengan istilah DTKS. Untuk mengechek  kamu bisa klik DISINI kemudian isikan Nomor Induk Keluarga (NIK) dan click submit. Jika nama kamu muncul, berarti kamu sudah terdaftar. Jika tidak, kamu belum terdaftar.
lalu selanjutnya jika namamu telah terdaftar di BDT kamu hanya perlu datang ke dinas sosial untuk meminta surat rekomendasi dengan membawa surat pengantar dari desa. Surat ini nanti akan dilampirkan pada saat pendaftaran ke kampus tujuan (sambil menunggu penerbitan KIP Kuliah)

Namun bagaimana jika nama kamu belum terdaftar di BDT, sebaiknya kamu segera mengusulkan ke dinsos kab/kota asal dari sekarang dengan meminta Surat rujukan dari Desa/Kelurahan untuk mengajukan DTKS/BDT. Tujuannya adalah agar setelah lulus SMA/SMK/MAN, kamu bisa mengajukan KIP Kuliah.

Prosedur yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 
A. mengajukan diri ke kelurahan/desa. 
B. kelurahan/desa akan mengadakan musyawarah desa terkait pengajuan BDT tersebut.
C. Jika hasil musyawarah desa menyatakan bahwa kamu layak untuk mengajukan diri ke BDT, operator desa akan melapor ke dinas sosial (dinsos).
D. Data kamu nantinya akan dimasukkan ke SIKS-NG oleh desa. Tahap selanjutnya, Dinsos akan melakukan survei kelayakan.

3. Mendaftar Universitas Akreditasi A/B
Langkah selanjutnya adalah mendaftar ke Universitas Akreditasi A/B. Universitas yang kamu tuju tidak harus negeri, karena KIP kuliah bisa dimanfaatkan di kampus swasta asal akreditasinya A atau B. Karena KIP kuliah adalah penyempurnaan dari beasiswa bidikmisi maka kampus yang sebelumnya mengelola beasiswa bidikmisi akan mempunyai peluang besar dalam mengelola KIP kuliah.

Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, semoga bermanfaat dan bay....

Update Tutorial cara memperoleh KIP Kuliah bisa di chek disini

LihatTutupKomentar