-->

8 langkah mendesain dan membuat klien puas

kamulupa

Hai desainer, apakah kamu kesulitan dalam membuat klien senang dengan hasil karyamu? Hal itu merupakan salah satu masalah bagi para desainer, terutama bagi para desainer pemula yang selalu grogi saat ditemani klien.
Disini kita mau memberi langkah-langkah sederhana agar hasil karyamu maksimal dan bisa membuat klien kamu merasa puas dengan hasil karyamu!
Yukk ikuti langkah-langkah sederhana ini

1. Bertemu dan Pelajari
Bertemu dengan klien dan pelajari bisnisnya, Tujuanmu adalah tahu mau membuat konten visual seperti apa dan menetapkan goalmu dalam project ini.

2. Gunakan buku
Gunakan buku dan internet, temui para profesional dan lainnya untuk mempelajari bisnis klienmu. Pelajari juga sebanyak mungkin tentang kompetitor bisnis klienmu. Dengan cara ini kamu bisa menyediakan desain yang paling unik yang bisa kamu berikan.

3. Gambar dulu
Gambar semua idemu dalam sketsa sebanyak mungkin yang bisa kamu pikirkan, lalu pilih salah satu yang paling cocok.

4. Matangkan
Ambil konsep yang sudah kamu pilih tadi dan matangkan di dalam digital. Disini kamu bisa menambahkan beberapa variasi dari konsep tadi yang bisa cocok digunakan di berbagai platform dengan konsistensi yang tetap terjaga.

5. Tunjukkan Desainmu
Tampilkan desainmu di depan klien, ceritakan kenapa kamu memilih mendesain seperti itu dan bagaimana desain itu akan sukses. Lalu klien menanggapi desainmu dan mengutarakan pendapat mereka apakah desainmu bisa/tidak bisa memenuhi tujuan mereka.

6. Follow-up
Disini kamu memilih konsep mana yang paling baik untuk klienmu dan lakukan sedikit revisi berdasarkan tanggapan dari klien. Berbekal tujuan klien di pikiranmu, kamu merevisi sedikit atau bahkan seluruh paket konsepmu untuk memenuhi tujuan mereka. Terus lakukan follow-up dengan klien bahkan hingga revisi kedua.

7. Kirim File
Ketika sudah disetujui, kirim filenya ke klienmu dalam berbagai format (masing-masing cocok untuk tiap platform)

8. Lakukan ulang
Lakukan ulang dengan klien baru berbekal portfoliomu dengan klien sebelumnya.


Nah itu adalah langkah-langkah sederhana buat kamu agar hasil karyamu bisa membuat klien puas, semoga tips ini bermanfaat dan bayy....
LihatTutupKomentar